• January 23, 2021

Walikota Baubau Buka Seminar Webiner BKMT Sholeha Berkarakter PO-5

 Walikota Baubau Buka Seminar Webiner BKMT Sholeha Berkarakter PO-5

Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH secara resmi membuka seminar melalui webinar Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Baubau Sabtu (12/12/2020). Seminar yang bertemakan Wanita Sholeha berkepribadian PO-5 turut dihadiri oleh Ketua BKMT Kota Baubau Dr. Nanik Roni Muhtar dan ketua BKMT Sultra Hj. Mashura Iladamay.

Menurut Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH, wanita sholeha merupakan wujud dari penampilan sesorang dalam bentuk ahlak tingkah laku, karakter yang kemudian dikaitkan dengan berkepribadian PO-5 dimana ahlak seseorang membicarakan seseorang tidak baik maupun baik dalam wujud perbuatan, apa yang yang boleh dilakukan apa yang tidak boleh dilakukan dan ini intisarinya serta ini harus wujud dalam perbuatan.

Karena itu, bila seminar ini dikaitkan dengan berkepribadian PO-5, tentunya hal  ini suatu rangkaian kata-kata yang saling berhubungan, saling mendukung karena berkarakter, berakhlak mulia yang tentu saja adalah bagaimana bertutur kata yang benar, bertingkah laku yang benar berprilaku yang benar. “Jadi wujudnya ahlak itu dari tata krama dan ini saya lihat sudah terinternalisasi di BKMT Kota Baubau. Dan bahkan, setiap minggu BKTM melakukan yasinan, dimana bila dibandingkan dengan dulu-dulu kalau ketemu ngerumpi sekarang sudah tidak serta  ini sudah terpola dengan baik selama ini,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau merasa bangga didaulat untuk memberikan pengarahan pada kegiatan seminar melalui webinar. Apalagi, bertepatan dengan hari istimewa bagi dirinya yakni ulang tahun perkawinan yang ke-39. Hal ini menunjukkan bila sudah terpotret bagaimana BKTM kompak dan sama halnya dengan PO-5 yang telah digemakan dengan spirit yang tinggi. Dimana suatu nilai-nilai universal dari warisan nilai-nilai masyarakat Buton  yang dulunya dituangkan dalam kitab Martabat Tujuh di mukadimahnya itu disebutkan sebenarnya Sara Pataanguna ada empat yang satunya itu tersirat dan menjiwai dari nilai yang empat ini yakni binci binci kuli. Sehingga, didalam tataran implementasi menjadi satu kesatuan yang utuh yang kelimanya ini yang merupakan kebulatan yang utuh dari nilai itu sendiri merupakan keragaman yang majemuk tunggal istilahnya.

Dikatakan AS Tamrin, PO-5 yang digaungkan selama ini seirama dengan Pancasila dan menjadi alat pemersatu sebagai indentitas masyarakat Buton yang selalu dipegang teguh oleh masyarakat Buton dimana pun berada meskipun berdiaspora di seluruh Indonesia tetap hidup rukun berdampingan dan aman-aman saja. “Mari kita semua membumikan PO-5 dan mewarnai seluruh tugas kita. Harus dipegang ini semangat PO-5. Jadi ibu-ibu BKMT mari semua bahu membahu untuk membangu daerah dengan spirit PO-5,” katanya.

Sementara itu, seminar melalui webinar BKMT Sholeha Berkarakter PO-5 tersebut turut diramaikan dengan siraman rohani melalui salah seorang ustads terkenal Arifudin Lewa. (Red/Husna).

Autentukasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.