• January 18, 2021

Dr.H Nanik Muhtar GOPTKI Baubau Komitmen Dukung Visi Misi Pemerintah Baubau

 Dr.H Nanik Muhtar GOPTKI Baubau Komitmen Dukung Visi Misi Pemerintah Baubau

Baubau, skalainfo.net | Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman kanak-kanak Indonesia (DPC GOPTKI) Kota Baubau Komitmen untuk mendukung Visi Misi pemerintah. Komitmen disampaikan langsung oleh ketua DPC GOPTKI Kota Baubau Dr. Nanik H. Roni Muhtar, SE., M.Si.

Dr. Nanik H. Roni Muhtar menyampaikan komitmennya tersebut melalui sambutannya pada acara pembukaan Seminar Virtual DPC GOPTKI Kota Baubau yang diselenggarakan di ruang auditorium kantor Wali Kota Baubau Kamis, (10/12/2020).

Dalam sambutannya Dr. Nanik H. Roni Muhtar menjelaskan, kegiatan seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat pendidikan anak usia dini pada lingkup keluarga besar GOPTKI ini.

“Ini adalah salah satu upaya untuk membentuk generasi yang unggul dan cerdas berkarakter sesuai nilai budaya. Di masyarakat Buton dikenal dengan PO-5 yaitu sebuah tata nilai yang mengajarkan untuk saling menyayangi, saling memelihara, saling mengangkat derajat dan tepo seliro kepada sesamanya”, ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan seminar online Goptki tersebut merupakan komitmen dari DPC GOPTKI kota Baubau sebagai mitra strategis dalam mendukung Visi Misi pemerintah.  Baik yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo melalui program Nawacitanya, di mana salah satunya adalah melakukan revolusi karakter Bangsa yang fokusnya pada pembangunan SDM.

Selain itu, juga merupakan dukungan kepada program gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH., yaitu GARBARATA gerakan akselarasi pembangunan daratan dan lautan antara lain Sultan cerdas, Sultra sehat, Sultra ber Adap dan ber Iman dan Sultra produktif.

“Tentunya mendukung 4 pilar yang digagas oleh bapak Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH., antara lain pembangunan SDM dan budaya Untuk menciptakan generasi unggul yang dimulai dari generasi Anak usia dini. Sebuah harapan ada di pundak pendidik zaman ini”, imbuhnya.

Dr. Nanik H. Roni Muhtar juga menjelaskan, wujud dari komitmen tersebut ialah dengan menunjukkan jati diri sebagai guru profesional yang berkarakter. Selain itu, juga harus mampu memadukan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, serta memiliki rasa peduli terhadap kemajuan pendidikan negeri ini.

“ Hal ini agar mendorong munculnya generasi cerdas dan berkarakter yaitu anak-anak bangsa yang cerdas dari segi intelektualitas, unggul, dan terampil di bidang keahlian masing-masing. Yang paling penting adalah memperlihatkan karakter dalam kehidupan”, tuturnya.

Untuk itu, Dr. Nanik H. Roni Muhtar sangat mengharapkan adanya sinergitas antara orang tua dan guru guna mencetak generasi yang unggul. Yaitu generasi yang mempunyai modal hebat dari segi kecerdasan, keterampilan, kemandirian serta akhlak mulia dalam berbagai aspek kehidupan yang dijalani.

Ketua DPC GOPTKI yang juga Istri Sekretaris Daerah Kota Baubau ini juga menekankan agar para Guru Terus meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya untuk menjadi pendidik yang menyenangkan. Sebagai modal dalam mengemban amanah untuk mencerdaskan generasi harapan Bangsa.

“Sesungguhnya ini merupakan sebuah perjuangan besar bagi pendidik di zaman sekarang. Sebab, guru tak hanya menyampaikan materi pelajaran untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam setiap mata pelajaran. Namun Guru turut pula berperan menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam keseharian siswa, agar berakhlak mulia”, ungkapnya.

Lebih lanjut Dr. Nanik H. Roni Muhtar menjelaskan,  dengan mengajarkan ilmu agama juga menjadi indikator penting sebagai tolok ukur tingkah laku setiap individu agar tidak menyimpang dari norma. Selain itu, ilmu agama juga akan menuntun anak-anak agar memiliki karakter mulia. Menurutnya, karakter mulia tersebut akan menjadi pencetus sikap mandiri pada diri anak.

“Sebab agama tidak mengajarkan manusia untuk meminta-minta, namun seperti para Nabi yang bekerja mencari nafkah dari berdagang, menggembala ternak maupun sebagai tukang kayu. Semoga kebaikan ini menjadi ladang pahala dalam mencari Ridho dan kebaikan dari Allah SWT”, pungkasnya.

Seminar Virtual tersebut diikuti oleh 1724 peserta yang mendaftar, 1000 partisipan hadir di ruang zoom dan 724 mendengarkan via you tube.  (Razak/red),