Baubau, Skalainfo.net| Tahapan penyusunan master plan pengembangan kota kreative Kota Baubau telah memasuki tahapan seminar akhir setelah sebelumnya sudah digelar pula seminar awal beberapa waktu yang lalu. Seminar akhir master plan pengembangan kota kreatif yang dilaksanakan di Aula Kantor Balitbang Kota Baubau Jumat (11/12/2020) dibuka oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Menurut Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, pada seminar awal lalu sesungguhnya telah disampaikan latar belakang dan tujuan bahkan output dari master plan pengembangan kota kreatif di Kota Baubau. Selain itu, para peserta sudah memberikan masukan dan saran yang diharapkan kepada tim yang membuat master plan bisa mengakomodir dan disinergikan dengan hasil pekerjaan melalui koordinasi sosialisasi dengan instansi atau OPD terkait baik dengan hasil survey dan pengumpulan data. Kemudian, analisis dan interpretasi kawasan klaster sumber daya unggulan sebagai upaya pengembangan kota kreatif.

Disamping itu, yang tak kalah pentingnya juga penyusunan konsep dan strategi pengembangan dan publikasi serta ekspose hasil kegiatan.
La Ode Ahmad Monianse yang juga ketua DPC PDIP Kota Baubau ini mengharapkan penyusunan seminar akhir master plan pengembangan kota kreatif dapat menghasilkan tersedianya peta potensi sumber daya ekonomi ekonomi daerah sebagai indicator keberhasilan perencanaan pengembangan kota kreatif di Kota Baubau.

Selain itu pula, tersedianya klaster kawasan pengembangan ekonomi berdasarkan potensi sumber daya unggulan di Kota Baubau. Kemudian, tersedianya sistim penilaian indeks kota kreatif dan branding daerah dalam menunjang Kota Baubau menuju kota kreatif unseco. Serta tersedianya dokumen hasil kajian meliputi konsep dan strategi perencanaan pengembangan ekonomi kreatif berbasis potensi sumber daya unggulan di Kota Baubau.

Dokumen master plan pengembangan kota kreatif ini kata La Ode Ahmad Monianse sangatlah penting dan dapat memberikan manfaat bagi penerima manfaat seperti halnya pihak-pihak terkait yang terdiri dari Pemerintah Daerah, swasta, perguruan tinggi, masyarakat dan stakeholder lainnya.

“Sehingga dengan demikian visi misi Kota Baubau yang maju, terwujudnya Kota Baubau sejahtera, dan berbudaya dalam upaya percepatan pembangunan di Kota Baubau dalam bingkai PO 5 yang diimplementasikan dalam misi tampil yaitu tertib, aman, maju,popular, indah dan lancar dapat tercapai,” katanya.

Sementara itu, seminar akhir penyusunan master plan pengembangan kota kreatif turut pula dihadiri oleh kepala badan penelitian dan pengembangan daerah Kota Baubau, kepala OPD terkait, majelis pertimbangan dan tim pengendali mutu balitbangda Kota Baubau, narasumber master plan pengembangan kota kreatif. (Res/Husna).

Autentikasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.

 

By Admin

-+=