• November 30, 2020
 Mahasiswa Unisma Dirikan Rumah Baca Untuk Anak-anank Terdampak Covid-19

Maluku, Skalainfo.net| Universitas Islam Malang (UNISMA), tetap menyelanggarakan KKN bagi para mahasiswanya ditengah pamdemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sedikit berbeda dengan pelaksananan KKN pada umumnya, KKN kali ini dilakukan secara individu oleh mahasiswa ditempat tinggal masing-masing.

Irfan Sidiq dan Intan Nur Fatimah (Mahasiswa Fakultas Fertanian UNISMA) yang tergabung dalam kelompok 80 bimbingan DPL, Bapak Dr. Sama Iradat Tito, S.Si., M.Si melaksanankan KKN- PPM 2020, Edisi Covid-19 ini di Desa Waekerta, Waeapo, Buru, Maluku mulai tanggal 03 Agustus s/d 03 September mendatang yang lalu.

Pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh (daring) pada anak di Indonesia selama pandemi dinilai masih belum berjalan secara optimal. Ada beberapa hal yang dinilai menjadi kendala, salah satunya mengenai peran orang tua mendampingi anak dalam belajar. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan anak-anak tidak mendapatkan pendidikan di sekolah dan harus belajar dari rumah, alih-alih dilakukan belajar dari rumah anak-anak justru lebih memilih untuk bermain karena kurangnya pengawasan dari orang tua yang sibuk bekerja, hal ini menjadi tidak efisien. Permasalahan yang muncul selama belajar dari rumah di ini era Covid-19 perlu perhatian dari berbagai pihak agar dapat diatasi sehingga anak-anak mendapatkan pendidikan secara utuh.

“Dalam permasalah ini mahasiswa UNISMA berinisiatif membuat rumah baca untuk anak-anak. Tujuannya agar anak-anak mendapatkan edukasi kembali selama masa pandemi”.

Rumah baca ini berlokasi di rumah salah satu anggota KKN. Mahasiswa berhasil mengumpulkan buku yang di dapat dari donasi masyarakat Desa Waekerta dan buku pribadi mahasiswa KKN. Dengan adanya rumah baca ini anak-anak mendapatkan ruang untuk berinteraksi kembali dan dapat bersosialisasi. Sehingga anak-anak tidak bosan dan tidak stres yang mengakibatkan semangat belajarnya menurun. Rumah baca ini diharapkan dapat membantu dan meningkatkan semangat belajar pada anak-anak. (Red/Jack).