• June 19, 2021

Menanam Empon-empon Sebagai Tumbuhan Anti Biotik Dimasa Pandemi Covid -19

 Menanam Empon-empon Sebagai Tumbuhan Anti Biotik Dimasa Pandemi Covid -19

Malang, Skalainfo.net| Memasuki minggu kedua “Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tematik, Universitas Islam Malang (UNISMA)”. Kelompok 30 yang bertempat di Pondok Pesantren Daruttaqwa Desa Wonokerso, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya menanam tanaman antibiotik, pembelajaran fotografi serta membantu para santri yang masih kesulitan dengan pembelajaran daring, Senin, 10 Agustus 2020.

Pada hari Senin 10/8/2020, kami menanam tanaman antibiotik yang kerap dinamakan empon-empon. Kami memilih jahe, kunyit dan kencur. Di era pandemi seperti ini, Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumsi empon-empon yang dipercaya bisa menjaga imunitas tubuh. Melihat permintaan masyarakat yang meningkat terhadap empon-empon, banyak inovasi baru yang memproduksi jamu tradisional yang praktis. Kita cukup membelinya dan menyeduh dengan air hangat, lebih nikmat jika ditambah madu dan jeruk nipis.

Kegiatan kami selanjutnya ialah pembelajaran tentang fotografi, sesuai dengan permintaan para santri untuk diajarkan tentang cara memotret dengan benar. Kebetulan salah satu anggota kelompok kami adalah seorang fotografer, jadi dialah yang memberi materi fotografi.

Para santri tampak begitu antusias mendengarkan materi yang disampaikan. Begitupula ketika praktek, mereka dengan semangat mencari objek foto yang bagus disekitar pondok.

Dihari ketiga kami mendampingi santri daring. Mereka merasa kesulitan dengan sistem pembelajaran daring, kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga kami membantu menjelaskan materi yang belum mereka mengerti. (Red/Jack).

Dosen Pembimbing      : Dr. Eko Setiawan, M.Pd

Anggota Kelompok      :

  1. Syarifah Khodijah A. (21701012001)
  2. Iva Nur Khamidah (21701012022)
  3. Zahrah Salsabila (21701012027)