NTT, Skalainfo.net| Presiden Joko Widodo pada Jumat, (09/04/2021), melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), meninjau salah satu lokasi di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape yang terdampak bencana alam akibat siklon tropis Seroja.

Di lokasi, Presiden Jokowi bersama jajaran terkait meninjau dampak kerusakan di Kabupaten Lembata lokasi yang terdampak paling parah akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Siang hari ini saya berada di Desa Amakaka dimana bencana banjir bandang yang ada di Kabupaten Lembata ini korbannya paling banyak,” kata Presiden Jokowi.

Atas nama pribadi dan mewakili pemerintah, Kepala Negara menyampaikan belasungkawa kepada para korban. Presiden juga mendoakan agar korban meninggal dunia diterima di sisi Tuhan dan diberikan tempat terbaik.

“Saya, secara pribadi dan mewakili pemerintah, mengucapkan duka yang mendalam atas korban yang ada. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan, diberikan tempat yang terbaik, dan yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran,”.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengunjungi warga setempat yang kini tengah berada di lokasi pengungsian di Kantor Kecamatan Ile Ape. Preisden Jokowi menemui para pengungsi ingin memastikan segala kebutuhan warga telah tercukupi. Selain itu, Presiden juga mendengarkan sejumlah keluhan masyarakat yang nantinya akan ditindaklanjuti selama proses penanganan.

Melalui kunjungan dan peninjauan ini, Presiden Jokowi telah berbicara dengan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur mengenai penanganan dan pemulihan pascabencana di wilayah setempat. Atas persetujuan masyarakat, warga di lokasi terdampak bencana ini nantinya akan direlokasi dimana proses pembangunannya akan segera dilakukan secepat-cepatnya.

Presiden juga telah memerintahkan agar proses pencarian di tengah medan berbatuan yang menyulitkan pengoperasian alat berat untuk tetap dilakukan.

“Sampai siang hari ini, total korban di Nusa Tenggara Timur ada 163 yang meninggal dan masih dalam pencarian 45 orang. Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi bisa segera ditemukan. Kalau kita lihat di lapangan memang keadaannya berbatuan, batu yang besar-besar, yang itu sangat menyulitkan alat-alat berat kita. Tetapi tadi sudah saya perintahkan untuk terus dicari dan ditemukan yang masih hilang,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara beserta rombongan terbatas tiba di Kabupaten Sikka sekira pukul 09.38 WITA. Presiden langsung bergerak mengunjungi wilayah di Kecamatan Ile Ape dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Bandar Udara Wonopito, Kabupaten Lembata, untuk kemudian menempuh perjalanan melalui jalur darat sampai di lokasi.

Mendampingi Presiden dalam peninjauan di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Kepala BNPB, Doni Monardo, Kepala Basarnas, Henri Alfiandi, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur. (Red/Suhud).

By Admin

-+=