Tangerang, Skalainfo.net| Media massa atau insan pers, khususnya Organisasi, Perkumpulan Jurnalistik Indonesia Demokrasi (PJID) Kota Tangerang, diharapkan dapat terus berperan sebagai mitra kerja Pemerintah dalam membantu menginformasikan program pembangunan, serta penyelenggaraan pelayanan publik untuk masyarakat Kota Tangerang.

Hal itu disampaikan oleh Agung Pujarama, S.STP.M.AP Kasubid Ormas Poldagri Kesbangpol Kota Tangerang saat memberikan sambutan di acara Pelantikan Pengurus Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Kota Tangerang di Gedung Golkar, Sabtu, (6 Maret 2021).

“Alhamdulillah bersyukur menjadi saksi pelantikan pengurus baru. (Saat ini) peran pemerintah menjadi penting kembali di dalam rujukan informasi. Dalam proses ini, institusi pemerintah dan institusi organisasi wartawan tetap harus menjadi mitra kerja (sebagai rujukan informasi). Kami mendapat aspirasi lewat media.

“Media mengungkapkan masalah di dalam masyarakat, karena itu diterima sebagai fakta untuk kita bereskan bersama. Di sisi lain, apa yang kita kerjakan disampaikan lewat media. Jadi, ini sebuah kolaborasi penting yang harus kita dorong bersama,” ujar Agung perwakilan Badan Kesbangpol Kota Tangerang.

Agung Pujarama juga berharap, dalam penyampaian informasi (arti yang luas) penyelenggaraan pembangunan di Kota Tangerang, para insan pers menyampaikannya dengan mengedepankan prinsip-prinsip independen, konstruktif, seimbang, objektif dan bertanggung jawab.

“Karena itu, peran media-wartawan justru sebagai penjuru untuk membangun trust yang ada di republik ini. Karena itu, kita bicara independensi, objektivitas karena penjurunya itu, kepercayaan. Ini yang ingin coba kita sama-sama lakukan,” terangnya.

Dia menyampaikan apresiasi pada PJI-Demokrasi atas kolaborasi dan sinergi wartawan yang selama ini telah ditanamkan dan dibangun bersama. Kedepan, diharapkan PJI-D Kota Tangerang dapat meningkatkan dan interaksi menguatkan sinergi, koordinasi, dan kerja sama dalam penyampaian berita atau informasi yang bermanfaat bagi kepentingan pengembangan dunia pers, pemerintah, dan masyarakat.

“Mudah-mudahan pengurus PJI-D akan bisa menjadi pemancar kepercayaan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Acara dihadiri oleh Muspida, tokoh masyarakat Betawi Ridwan Saidi dan Dr. Hendri, Msi. selaku nara sumber, Kompol Abdul Rochim Polres Kota Tangerang Mayor TNI Didik Wahyudi perwakilan Kodin 0506/ Tangerang. Ketua MUI Kota Tangerang KH. Gozali Barmawi, Ketua PMI Kota Tangerang Oman Djumansjah.

Kasubdit Badan Kesbangpil Agung Pujarama, Ketua Umum Persaudaraan Aceh Serantau H. Akhtar Kamil, SH, Forum Camat Kota Tangerang dan perwakilan Forum Lurah Kec. Larangan H. Nasrullah (lurah Gaga). Serta perwakilan Kongres Advokat Indonesia (KAI) Amal Jamaludin, SH, CIL.

Untuk diketahui, para Pengurus Baru PJI-D ini dilantik oleh  Dr. Bambang Sudirmanto, SH. Ketua Umum Lembaga Komunitas Bersatu (LKB), melalui Lampiran Surat Keputusan Nomor: 10/SK-DPC/DPP-PJID/07-2020 tentang Pengesahan Susunan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang – Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (DPC PJI-DEMOKRASI) Kota Tangerang. Periode 2020 – 2023.

Kini jabatan Ketua PJID Kota Tangerang diemban oleh Edward. AN yang merupakan Pemimpin Redaksi dari Harian Umum Investigasi Berita Indonesia.

Dewan Penasehat : Drs. H. SACHRUDIN, IR. H. ZAMALUDIN, H. AKHYAR KAMIL, SH, E.J. SIMANGUNSONG, FERDINAND SEWET, SURYANTA, SH.

K e t u a                       : EDWARD. AN.

Wakil Ketua I               : DODO WIDIAR.

Wakil Ketua II             : TABRANI, SH.

Wakil Ketua III             : ARI SYAFRI MUHARAM

Sekretaris                    : ALI AHMAN NASUTION.

Wkl Sekretaris             : MEIDY C PUSUNG

Bendahara                   : SITI SUDRIYAH, S,PDi

Wkl Bendahara           : NOVITASARI.

Ket Bid Advokasi         : AMAL JAMALUDIN, SH, CIL. / IR. GERSON PAULUS NGGADAS, SH

Ket Bid OK.                  : RONI, BS. / HASAN

Ket Bid Peng Prof        : ABDUL KADIR (ABI).

ACHMAD FACHRUDIN

Ket Bid Kespengab      : H. TOTO / DEWI YANA WAHED

Ket Bid Antar Lembaga : COKIH ENIM / RUDI PRIADI KASSAN

Ket Bid Bud Olga         : IRWANSYAH / DEDY HERYAWAN.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua Pelaksana H. Tabrani, SH. Seusai Pelantikan Pengurus yang Baru dilantik, PJID Kota Tangerang juga mengumumkan adanya Rapat Kerja Jurnalistik kembali digelar, yang rencananya kerjasama dengan Pemda Kota Tangerang melalui Dinas Kominfo. Tgl. 24-25 Maret 2021.

“Kompetensi wartawan sangat dibutuhkan. Sehingga kemajuan pembangunan daerah bisa tersampaikan langsung ke masyarakat, juga berita-berita yang seimbang. Keberadaan PJI-D juga diharapkan menjadi corong perubahan pembangunan Kota Tangerang,” kata H.Tabrani, SH.

Diakhir acara, Ketua DPC PJID Edward. AN, sebagai sosok yang terbuka dalam memberikan tanggapan mengenai pemberitaan di Kota Tangerang. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada H. Sachrudin yang telah menyediakan tempat acara pelantikan dan seluruh unsur muspida Kota Tangerang yang sudah hadir dalam acara tersebut. (Red/Zainal).

PENULIS  :  EDWARD. AN.

By Admin

-+=