• January 23, 2021

Perempuan Berkualitas Tiang Masa Depan Bangsa

 Perempuan Berkualitas Tiang Masa Depan Bangsa

Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrinn menyebut perempuan yang berkualitas sebagai tiang masa depan Bangsa. Hal ini ia ungkapkan melalu sambutannya pada acara pengukuhan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Baubau di gedung Maedani Stadion Betoambari Jumat, (11/12/2020).

AS Tamrin menuturkan, peran perempuan sangat besar untuk membentuk wajah masa depan suatu Bangsa. Menurutnya, masa depan yang baik, cerah, dan gemilang suatu Bangsa akan dapat terwujud jika para perempuannya memiliki kualitas dengan dilandasi oleh kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan kecerdasan Emosional.

“Maka adalah suatu hal yang masuk akal bagi seluruh elemen bangsa untuk menaruh perhatian yang besar dalam upayanya untuk membentuk perempuan-perempuan yang berkualitas. Pada beberapa aspek, perempuan mengalami banyak ketertinggalan. Tingkat partisipasi perempuan dalam bidang pendidikan sebagai contoh masih tertinggal dari laki-laki,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menjelaskan, angka putus sekolah dari anak perempuan di semua jenjang pendidikan masih lebih besar dari anak laki-laki. Bahkan dari sekitar 9,7 juta penduduk buta aksara di Indonesia, 64% adalah kaum perempuan. Selain itu, rasio angka kematian ibu masih sangat tinggi. Bahkan untuk posisi dan beban kerja yang sama, upah perempuan masih jauh lebih rendah.

Ditambahkan, kasus kekerasan yang dialami oleh perempuan di Indonesia kian meningkat. Selain itu, akses terhadap pelayanan kesehatan, peran-peran di lembaga pemerintahan ataupun politik masih jauh dari kata cukup. Untuk itu ia berharap, GOW dapat mengambil peran untuk melakukan penguatan dan pengembangan kapasitas perempuan, baik secara personal maupun secara kelembagaan.

“Perempuan berkualitas bukanlah sosok bidadari jelita yang turun begitu saja dari langit. Akan tetapi, perempuan berkualitas adalah hasil dari sebuah upaya yang sistematis dari lingkungan sosial politik untuk secara serius menempa perempuan hingga menjadi sosok berkualitas dan bermartabat, sesuai dengan karakter PO-5 yang senantiasa kita aplikasikan dalam keseharian kita,” imbuhnya.

Walikota dua periode ini menyadari, untuk mewujudkan perempuan yang berkualitas dan bermartabat tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Namun membutuhkan waktu panjang, konsisten dan penuh ketelitian dalam penanganannya. Untuk itu ia berharap agar GOW Kota Baubau dapat menjadi pelopor dalam mewujudkan perempuan yang berkualitas dan bermartabat yang berlandaskan nilai-nilai yang ada dalam PO-5.

Untuk itu, melalui pengukuhan ketua dan pengurus GOW Kota Baubau tersebut, H. AS Tamrin selaku Wali Kota Baubau sangat berharap agar semua kelompok organisasi wanita dapat secara intens untuk melakukan upaya-upaya koordinasi dan kooperatif guna menyatukan, menguatkan, dan mewujudkan komitmen-komitmen baik untuk kemajuan dan kesetaraan kaum perempuan di berbagai lini kehidupan.

“Semoga kontribusi GOW melalui karya nyata untuk menghadirkan perempuan yang kreatif, inovatif dan bermartabat dapat terwujud sehingga bisa ikut menyukseskan program-program pemerintah dalam pembangunan di segala aspek. Namun perlu diingat, sangat penting bagi perempuan untuk memiliki tiga kecerdasan. Yaitu, kecerdasan Intelektual, kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Emosional,” Pungkasnya. (Red/Husna).

Autentikasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.