• January 23, 2021

Jaga Keutuhan NKRI Dengan Semangat PO. 5

 Jaga Keutuhan NKRI Dengan Semangat PO. 5

Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) menggelar apel kebangsaan dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apel kebangsaan tersebut diikuti oleh seluruh elemen masyarakat di antaranya ialah TNI, Polri, Kerukunan Umat Beragama, dan sejumlah toko Masyarakat.

Apel Kebangsaan tersebut diselenggarakan di Baruga Keraton Sabtu, (12-12-2020) dengan tema, “Dengan Semangat Po.5 Mari Kita Bangun Persatuan dan Kesatuan di Kota Baubau”. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Kota Baubau Drs. Muhamad Amaludin, M.Si. saat ditemui usai kegiatan apel kebangsaan mengungkapkan, kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan di Kota Baubau.

“Kita sebagai warga Negara Indonesia serta sebagai warga Kota Baubau dan khususnya kami sebagai warga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, merasa sangat perlu untuk menggelar kegiatan-kegiatan seperti ini. Kalu kita katakan ini adalah kegiatan awal, ya benar ini adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Baubau,” ujarnya.

Menurut Muhamad Amaludin, kegiatan apel kebangsaan tersebut merupakan langkah untuk mengingatkan kembali tentang fungsi dan kewajiban kita sebagai warga negara dalam menjaga NKRI. Dalam mewujudkan keutuhan NKRI tersebut, menjadikan perbedaan sebagai perekat persatuan dalam Berbangsa dan Bernegara adalah kewajiban bagi setiap warga.

“Kegiatan ini sesungguhnya merupakan kegiatan yang mengingatkan kembali tentang fungsi dan kewajiban kita sebagai warga Negara. Bahwa keberagaman itu adalah suatu keniscayaan ya. Tapi jangan karena perbedaan-perbedaan ini menjadikan kita tidak  bisa bersatu,” imbuhnya.

Muhamad Amaludin menambahkan, sebagai masyarakat Buton kita telah diwariskan nilai-nilai luhur yang disebut Sara Patanguna. Di mana nilai-nilai luhur tersebut telah di elaborasi oleh Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin dalam konsep yang saat ini dikenal dengan PO-5 yaitu Pomaamaasiaka, Pomaemaeaka, Popiapiara, Poangka angkataka, dan Pobinci binciki kuli.

“Rujukan kita jelas, sebagai mana tadi telah dikatakan oleh bapak Wali Kota melalui sambutannya. Bahwa kita telah diwariskan nilai-nilai luhur dari nenek moyang kita orang Buton yaitu Sara Patanguna dan nilai-nilai universal lain yang hari ini telah di elaborasi oleh pimpinan daerah kita menjadi konsep yang biasa kita kenal dengan PO-5,” pungkasnya. (Red/Husna).

Autentikasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.