• January 24, 2021

Walikota Baubau Tekankan Pentingnya Nilai Moral Pada Mahasiswa

 Walikota Baubau Tekankan Pentingnya Nilai Moral Pada Mahasiswa

Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH saat Rapat Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana Angkatan XV Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) Tahun Akademik 2020/2021 Sabtu (28/11/2020) menekankan pentingnya nilai moral diterapkan kepada mahasiswa. Apalagi, sekarang ini di era persaingan dalam revolusi industri 4.0 yang sangat ketat persaingan dan tentu akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Memang sangat tidak mudah untuk diterapkan, tapi setidaknya kecerdasan intelektual berupa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi haruslah dibarengi kecerdasan emosional berupa pengendalian diri, moral karakter, ketulusan, kejujuran dan keikhlasan. Sehingga dalam perjalanan akan seiring sejalan dan dunia akan aman dan tentram.

Menurut orang nomor satu di Kota Baubau ini, sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Kota Baubau, UMB dipercaya bukan hanya sebagai pendidikan ilmiah yang dikembangkan namun pendidikan karakter tentu sangat melekat di insan muhammadiyah sehingga marwah muhammadiyah tidak boleh ditinggalkan oleh insan-insan muhammadiyah.

”Ketika akan berbuat sesuatu dan tidak pantas serta tidak layak maka nama lembaga yang akan terbawa –bawa. Sehingga, memang nilai-nilai moral sangatlah penting bagi mahasiswa dalam mengembangkan dirinya,” ujar H. AS Tamrin.

Ditambahkan, dalam membangun Kota Baubau, pohaknya sangat mementingkan nilai-nilai moral yang dinamakan PO 5 yakni Pomaamasiaka (Saling Sayang Menyayangi), Pomaemaeaka (Saling Menanggung rasa malu), Popiapiara (Saling memelihara), Poangkaangkataka (Saling Mengangkat harkat dan martabat, saling menghargai dan saling menghormati) dan Pobincibinci kuli yang merupakan filsafat rasa (Saling merasakan perasaan orang lain) yang memang sudah sejak dari dulu dilakukan oleh orang-orang Buton dan menjadi pedoman hidup sekaligus jati diri.

Terkait wisuda program sarjana angkatan XV UMB, H. AS Tamrin, memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada UMB atas kesungguhannya dalam memberikan bimbingan dalam mengasuh anak-anak hingga lulus jenjang S1. Karena, hal ini sejalan dengan visi misi Pemkot Baubau dimana misi Pemkot Baubau itu yakni mewujudkan Baubau yang maju sejahtera dan berbudaya. Maju itu artinya melangkah, berubah ke depan. Kemudian, sejahtera yakni terpenuhinya kebutuhan dasar serta terbukanya akses-akses bagi sumber-sumber kehidupan layak untuk meningkatkan taraf hidupnya. Dan berbudaya, dimana daerah ini dari dulu sudah merupakan pusat peradaban Kesultanan Buton sehingga menjadi patokan dalam menapaki kehidupan. Namun untuk mencapai misi ini maka diciptakan pra kondisi untuk mencapai kesejahteraan yang dinamakan Tampil (Tertib, Aman, Maju, Populer, Indah dan Lancar).

Sementara itu, Rektor UMB Dr. Wa Ode Azarliani, SP., MM membeberkan kemajuan UMB mulai dari jumlah mahasiswa UMB yang dari tahun ke tahun semakin menunjukkan peningkatan yang telah mencapai 5880 orang bahkan tahun akademik 2020/2021 mencapai 1436 orang termaksud 3 orang mahasiswa asing dari Negara Kamboja, kualitas dosen tenaga pengajar yang tersebar di 7 Fakultas dan 15 program studi dimana telah ada 16 Dosen untuk jenjang doctoral, sampai kepada prestasi UMB baik di tingkat regional maupun nasional yang semakin menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. (Red/Husna).

Autentikasi : Kepala Dinas Kominfo Baubau.