Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Sekda Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd yang juga wakil ketua 3 Satgas Penaganan Covid-19 Kota Baubau saat membuka kegiatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau Bakti Untuk Negeri di Kecamatan Betoambari dan Kokalukuna Sabtu (28/11/2020) mengatakan, ibu-ibu memiliki sangat efektif dan bisa menekan penyebaran covid-19 di masyarakat. Sebab, himbauan, saran dan penegakkan dari ibu-ibu sangat lembut bila dibandingkan dengan bapak-bapak. Apalagi, anak-anak bila diberikan himbauan untuk 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak akan lebih patuh kalau diberitahu ibu-ibu.

Menurut Roni Muhtar, kepiawaian ibu-ibu sudah tidak diragukan, terutama dalam membantu Pemkot Baubau terutama untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Baubau seperti yang ditunjukkan ibu-ibu yang merupakan istri-istri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) tergabung DWP Kota Baubau bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 melakukan edukasi kepada masyarakat di seluruh wilayah Kecamatan di Kota Baubau terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19.

“Edukasi dari ibu-ibu yang berkolaborasi dengan Satgas Covid-19 teurtama dalam penerapan gerakan 3M diharapkan akan bisa mengubah status covid-19 teurtama pada beberapa Kecamatan yang tadinya zona merah dapat berubah menjadi zona kuning atau orange bahkan zona hijau,” ujarnya.

Lebih lanjut ditambahkan, peran ibu-ibu akan semakin instens lagi ke depan terutama dalam hal gerakan 3M karena Pemkot Baubau sesuai penyampaian dari Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau beberapa waktu lalu berencana akan membuka lagi sistim pembelajaran tatap muka langsung di dalam kelas.

Sehingga, penyampaian kepada anak-anak mulai dari TK, SD, SMP untuk gerakan 3M menjadi sangat penting dan mutlak dilakukan terutama dikalangan ibu-ibu.

Apalagi, Pemkot Baubau ungkap Jenderal ASN Kota Baubau ini tengah membangun optimisme terkait hal-hal yang dilakukan khususnya kegiatan pembangunan, terutama di Kecamatan Betoambari dan Kokalukuna dan 6 Kecamatan lainnya.

Tentunya, hal ini membutuhkan persatuan dan kesatuan dari semua elemen sehingga optimisme Pemkot Baubau itu menjadi lebih mudah karena keterlibatan dari semua pihak.

”Untuk Kecamatan Kokalukuna, pembanguan jalan by pass sementara dirintis yang dananya melalui dana perbantuan Provinsi Sultra. Kalau jalan lingkar, Insya Allah tahun 2021 sudah dilaksanakan. Karena itu, masyarakat harus meyakinkan dirinya bahwa Pemkot Baubau sungguh memberikan pelayanan yang terbaik,” ungkap Roni Muhtar. (Red/Husna).

Autentikasi : Kepala Dinas Kominfo Baubau.

By admin

-+=