• November 29, 2020
 Asisten Ekbang Mengajak Kepala Desa Ikuti Program Pamsimas III.Tahun 2021

Labuhanbatu Selatan, Skalainfo.net | Asisten II Bidang Administrasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumut. Rolikul Rahman mengajak para kepala Desa yang belum mengikuti program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk mengikuti Pamsimas tahap III Tahun 2021.

“Saya berharap kepada Bapak dan ibu kepala Desa agar mengikuti program Pamsimas III, sehingga nantinya masyarakat dapat menikmati air bersih dan sanitasi,” sebut Rolikul Rahman, saat membuka rapat lanjutan pembahasan percepatan pelaksanaan program nasional Pamsimas III Tahun 2021, Kamis (5/11/2020), di ruang kerja Asisten Ekbang, Kantor Bupati Labusel, Sosopan Kotapinang.

Dia menjelaskan, program Pamsimas merupakan pintu masuknya bantuan APBN, khusus bidang air bersih dan sanitasi. Pamsimas salah satu program yang dilaksanakan pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, yang dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas bertujuan meningkatkan jumlah fasilitas kepada masyarakat yang kurang terlayani dalam penyediaan air bersih dan sanitasi, termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban.

“Dengan adanya Pamsimas, masyarakat diharapkan dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini juga dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengurus utamakan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat,” jelasnya.

District Coordinator Pamsimas Labusel, Rahmad Fajri juga menjelaskan program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan dengan target 100 persen akses air minum aman, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

“Nah, dalam pelaksanaannya, jika Desa berminat akan dibimbing Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan. Untuk pelaksanan teknis pembangunan, akan dibimbing Fasilitator Teknik. Jadi, kami berharap kepada Bapak – Ibu Kades untuk mengikuti program Pamsimas III Tahun 2021,” ujarnya.

Pada September lalu, katanya, Pamsimas telah mengadakan sosialisasi kabupaten (Soskab) untuk menarik minat Desa mengikuti program Pamsimas III, dan ini rapat lanjutan untuk percepatan pelaksanaan program.

Rapat ini diikuti Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perukim) Labusel Thiophil Callandrina Pane, Sekdis Perukim Fernando Tampubolon, Panitia Kemitraan (Pakem) Ismail Sulaiman dan Olo Dinata Harahap, Kabag Pembangunan dan Infrastruktur Mukti Halim Tanjung, para kepala Desa yang belum masuk Pamsimas, Kabid Kawasan Pemukiman Mayer Alfian Samosir, DFMA Pamsimas Labusel Hadyanto Sinaga, Fasilitator Senior Istaulal Harahap, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat JR Marbun dan Vera Sihombing. (B.Munthe/red),