• November 24, 2020

KPU Labuhanbatu Adakan Gelar Debat Kandidat KeLima Pasang Paslon Bupati/Wakil Bupati

 KPU Labuhanbatu Adakan Gelar Debat Kandidat KeLima Pasang Paslon Bupati/Wakil Bupati

Rantauprapat, Skalainfo.net | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (4/11/2020) besok, akan menggelar debat kandidat pasangan calon bupati / wakil bupati di Medan dan disiarkan secara langsung melalui salah satu stasiun televisi nasional.

Debat kandidat ini, diikuti 5 pasangan calon (paslon) bupati / wakil bupati yang akan bertarung dalam pemilihan kepala Daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Para kandidat, akan saling beradu program dalam debat publik yang diselenggarakan KPU Kabupaten Labuhanbatu ini. Di depan tim kampanye masing-masing, komisioner KPU dan Bawaslu Labuhanbatu, serta disaksikan langsung masyarakat melalui salah satu saluran televisi nasional dan media sosial, kelima paslon akan saling beradu program, memamerkan visi misi yang dibawa, serta saling menanggapi pertanyaan dan jawaban yang diberikan panelis secara terbuka.

Terkait dengan debat kandidat ini, Suhari Pane SIP, calon bupati nomor urut 5 yang berpasangan dengan Irwan Indra STP MM, menyatakan siap untuk mengikuti debat.

“Insya Allah siap,” ucap alumnus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, saat dikonfirmasi awak media Selasa (3/11/2020).

Disinggung soal harapannya terkait debat publik kandidat, mantan aktifis lembaga swadaya masyarakat ini berharap, kiranya debat kandidat ini benar-benar jadi saluran mensosialisasikan program dan visi misi. Sehingga masyarakat paham, apa masalah, bagaimana efektifitas penyelesaian masalah, ketika si kandidat berhasil menduduki jabatan yang diinginkan.

Sedangkan strategi yang akan dilakukannya pada debat kandidat ditengah-tengah pandemi covid19  ini, menurut Suhari Pane, dia akan menyampaikan konsep Suhari – Irwan dalam menanggulangi masalah perekonomian, ditengah-tengah  pandemi covid 19.

Kepada pendukung, simpatisan dan masyarakat, Suhari Pane menyampaikan harapannya, sebaiknya melihat, mendengar dan memahami penjelasan yang disampaikan masing-masing calon bupati / wakil bupati.

Terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Makmur Munthe menyampaikan harapan, agar semua pihak yang terlibat dalam debat publik kandidat, tetap memperhatikan protokol kesehatan covid19. Kemudian kepada masing-masing pasangan calon (paslon), dalam debat tidak menyerang pribadi paslon lain. Sedangkan kepada panelis, Makmur berharap agar netral dalam melaksanakan tugasnya.

Sedangkan kepada masyarakat, dia berharap agar dapat menilai para calon, dari penyampaian program maupun visi misi yang disampaikan saat debat.(B.Munthe/red).