• October 23, 2020

Hati – hati Penipuan Dengan Modus Cek Suhu

 Hati – hati Penipuan Dengan Modus Cek Suhu

Banyumas, Skalainfo.net| Di masa pandemic yang seharusnya setiap masyarakat memiliki kesadaran untuk saling menjaga diri serta merasa senasib dan seperjuangan untuk melawan Covid-19, ini ternyata tidak dirasakan oleh semua orang. Apalagi dalam keadaan serba sulit dan banyak terjadinya PHK saat ini, Sewajarnya kita lebih berhati-hati serta kita dituntut untuk mengikuti perkembangan-perkembangan informasi yang terjadi saat-saat ini.

Rasiwen (50 Tahun) 14/09/2020 adalah salah satu warga Gerumbul Cirangkong Desa Kedung Urang RT. 01 RW 05, Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengatas namakan Sebagai Petugas Covid dari Kabupaten Banyumas, dengan menawarkan pemberian cairan anti covid untuk disemprotkan keseluruh bagian rumahnya agar terhindar dari wabah virus corona yang melanda saat ini.

Menurut penuturan Rasiwen (50) ada 2 orang yang mengaku sebagai petugas covid dari Kabupaten Banyumas menyambangi rumahnya secara tiba-tiba dan melakukan pengecekan suhu badannya serta anak perempuanya yang masih berusia 11 Tahun.

Setelah melakukan pengecekan suhu dan pelaku pun menyatakan bahwa suhu korban itu Normal, maka pelaku pun menyuruh korban (Rasiwen) untuk mengambilkan ember dengan di isi air penuh.

Setelah air disiapkan, maka pelaku yang mengaku petugas covid tersebut meneteskan cairan kedalam ember tersebut dan menyuruh Rasiwen untuk mencipratkan keseluruh bagian rumahnya.

Mendengar penjelasan pelaku yang mengatas namakan diri sebagai petugas penanganan covid-19 dari Kabupaten Banyumas, dan mendengarkan arahanya tersebut, maka Rasiwen pun Tanpa berfikir panjang mengikuti semua arahan dari sipelaku tersebut. Dengan menyipratkan air didalam ember yang berisi cairan tersebut keseluruh bagian rumah.

Namun tanpa disadari ketika Ia sedang mengelilingi rumahnya untuk melakukan penyipratan, barang berharga berupa Hp yang berada dirumahnya raib digondol oleh pelaku dan para pelaku tersebut kabur dengan mengendarai sepeda motor.

Sontak saja Korban pun kaget seperti kebingungan, dan meminta tolong tetangganya. Namun pelaku penipuan tersebut sudah jauh meninggalkan lokasi sehingga tidak dapat di tangkap. Pihak Babinkamtibmas dari Kepolisian bersama dengan Pemerintah setempat langsung mendatangi rumah korban untuk meminta keterangan. Bapak Wasngad selaku kepala Dusun pun berpesan kepada warga masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap siapapun yang mengaku sebagai petugas covid -19, kecuali itu dari Pemerintah setempat itu sendiri, pungkasnya. (Red/Siswo).