• October 24, 2020

“KKN Unisma Malang” Olah Buah Bit Menjadi Camilan & Minuman Sehat Desa Dadap Tulis Dalam Kecamatan Junrejo, Kota Batu

 “KKN Unisma Malang” Olah Buah Bit Menjadi Camilan & Minuman Sehat Desa Dadap Tulis Dalam Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Malang, Skalainfo.net| KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan Daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat didaerah setingkat Desa.

Tahun 2020 ini tepatnya pada bulan Januari Dunia diserang Virus Covid-19 yang mengakibatkan kegiatan sosial ekonomi harus dihentikan sementara, perusahaan mulai menjalankan kebijakan on-off kerja, toko-toko mulai membatasi operasionalnya, tiap Daerah dilakukan lock down dan social distancing, hingga kegiatan pembelajaran secara daring.

Sama halnya dengan kegiatan KKN edisi covid-19 saat ini, dimana setiap mahasiswa yang akan melakukan kegiatan KKN harus mematuhi protokol kesehatan, bahkan harus melakukan KKN secara individu di tempat asal masing-masing. Kali ini kelompok 120 UNISMA melakukan KKN di Desa Dadap Tulis Dalam, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang dianggap zona hijau covid-19 sehingga masih tergolong aman namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam program kerja kelompok 120 yang mengangkat tema Pengembangan Desa, kegiatan yang dilakukan ialah sebagai berikut :

  1. Kampung sehat : adanya covid-19 ini kami berusaha menerapkan hidup sehat pada masyarakat Desa Dadap Tulis Kota Batu, makna hidup sehat sendiri ialah bukan hanya kondisi fisik tubuh melainkan bagaimana menerapkan pola hidup bersih pada diri sendiri. Mulai dari menerapkan kebiasaan cuci tangan setiap usai melakukan kegiatan, membawa hand sanitizer dan memakai masker setiap bepergian. Hal ini, dapat kami atasi dengan pembuatan tempat cuci tangan untuk tempat-tempat tertentu seperti masjid, musholla, pos kamling, dan balai pertanian. Kami juga melakukan pembagian masker dan hand sanitizer kepada guru-guru serta siswa di TPQ (Tempat Pembelajaran Al-Quran). Pembuatan wedang secang dan dibagikan kepada warga dimana dalam kandungannya mampu meningkatkan imun tubuh sehingga dapat membentengi tubuh dari virus, kegiatan ini merupakan gabungan dengan beberapa kelompok.
  2. Refleksi Sosial : Karena refleksi sosial diperuntukkan menumbuhkan kesadaran para warga mengenai suatu permasalahan, maka setelah melakukan pengamatan di Desa tersebut, kelompok 120 membuat program kerja yakni mempelajari penanaman sayur dan buah organik di GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani), bersama ibu-ibu KWT Desa tersebut serta bagaimana cara pengolahan hasil dari kebun tersebut. Disini kelompok 120 berinovasi untuk membuat olahan dari buah bit menjadi sirup dan ice cream yang nantinya mungkin bisa diterapkan dan dijual sehingga membantu pereknonomian Desa. Buah bit sendiri mempunyai manfaat yang cukup banyak yaitu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah anemia, menambah stamina, meningkatkan imunitas, mencegah kolesterol, dan dapat menjadi obat jantung. Rasa yang sangat khas dari buah bit sendiri membuat kami kelompok 120 berinovasi dalam mengolahnya agar kalangan anak-anak pun mau memakannya, buah bit ini kami olah menjadi ice cream dan sirup.

Adanya wabah covid-19 ini, kelompok 120 tidak bisa bergerak bebas dalam melakukan program KKN.  Karena dari pihak Desa sendiri melarang untuk melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan social distancing, sehingga banyak dari program kerja kelompok 120 yang harus dibatalkan namun tetap diisi dengan kegiatan lain yang bermanfaat serta bisa menginovasi dan membantu masyarakat Desa. (Red/Jack).

Penulis : Nadia Dwi Susanti.