• October 26, 2020

Mahasiswa Universitas Islam Malang melaksanakan Kegiatan KKN–PPM TEMATIK

 Mahasiswa Universitas Islam Malang melaksanakan Kegiatan KKN–PPM TEMATIK

Blitar, Skalainfo.net| Keilmuan bidang manajemen dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, oleh mahasiswa atas nama Izhatul Ulia

Program KKN edisi Covid-19 new normal ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan aturan Pemerintah yang berlaku. Program KKN bertema ”Pemberdayaan UMKM” dengan judul “Pengembangan dan Optimalisasi Peran UMKM dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Desa Purworejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar.” Khususnya pelaku usaha toko sembako, usaha mebel lokal, dan usaha batako dengan cara bersosialisasi mengenai “Digital Marketing”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menjelaskan apa itu digital marketing, tujuan untuk meningkatkan UMKM dan bagaimana cara melakukan digital marketing yang baik. Selain sosialisasi tentang digital marketing program kerja yang dilakukan seperti digitalisasi UMKM dengan kegiatan merekap nama toko dan foto ke Google Maps, hal ini bertujuan mempermudah pelaku usaha dalam melakukan transaksi online dengan tercantumnya nama toko pada Google Maps.

Selain program kerja mengenai pemberdayaan UMKM, ada program kerja pendukung, pertama yaitu sosialisasi cara cuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak kecil supaya mereka tetap menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Dengan adanya sosialisasi yang kami laksanakan ini bisa mengedukasi anak-anak kecil mengenai cuci tangan yang baik dan benar, guna mencegah penyebaran virus covid-19 atau virus lainnya dan tetap hidup sehat. Program Kerja pendukung yang kedua membersihkan masjid dan lingkungan sekitar masjid.

Ketiga pembuatan handsinitizer. Keempat penempelan pamflet cara cegah covid-19 di beberapa mushola dan masjid. Dengan adanya kegiatan program kerja pendukung tersebut guna untuk mencegah penyebaran covid-19. Dan program kerja pendukung yang terakhir yaitu pembuatan dan pemasangan gapura di perbatasan Desa Purworejo yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat atau orang luar mengetahui wilayah Desa Purworejo.

Kegiatan KKN ini dilakukan pada 03 Agustus – 03 September 2020 dilaksanakan di Dusun Sumber Dadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Pelaksanaan kegiatan KKN-PPM ini diawali dengan pembukaan dari kepala Desa di balai Desa Purworejo dilanjut dengan sosialisasi cara cuci tangan yang baik dan benar dan penempelan pamflet.

Pada minggu ke-dua dilakukan kegiatan sosialisasi digital marketing dan pendataan untuk perekapan di Google Maps, dan pada minggu ke-tiga dilakukan agenda membagikan handsanitizer di sekolah dasar, dan pendaftaran google maps yang telah direkap pada minggu ke-dua.

Dan pada minggu ke-empat dilakukan kegiatan pembuatan dan pemasangan gapura. Dengan harapan kami masyarakat tetap menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas bisnisnya. (Red/Jack).

DUSUN SUMBER DADI, DESA PURWOREJO, KECAMATAN WATES, KABUPATEN BLITAR.

Mahasiswa : Izhatul Ulia 21701081329.