photo 6289469530837202588 y

Tangsel, Skalainfo.net| Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie membuka kegiatan sosialisasi Netralitas ASN dalam menghadapi Pemilu Serentak tahun 2024 yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang diselenggarakan di Resto Kampoeng Anggrek pada Senin, 07/11/2022.

photo 6289469530837202581 y

Dalam arahannya, Benyamin menyampaikan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dan tidak berpihak selama pelaksanaan Pemilu serentak nantinya. Walaupun ASN mempunyai hak pilih, tetapi hak pilih tersebut digunakan saat berada di bilik kotak suara.

“ASN itu punya hak memilih, tetapi kalau mau dipilih, ya bapak ibu keluar dulu dari ASN nya. Jadi yang dilarang itu berpolitik praktis nya, hak memilih itu ya di kotak suara,” ujar Benyamin.

Dijelaskan Benyamin, ada 3 ruang yang harus diperhatikan oleh seorang Aparatur Sipil Negara. Dimana, ruang yang boleh dilakukan oleh ASN, tidak boleh dilakukan ASN dalam hal kepemiluan, dan ruang abu-abu yang tergantung bagaimana kita menafsirkan dan memberikan sudut pandangnya.

“Kuncinya adalah baca dan pahami aturannya,” kata Benyamin. Lebih lanjut, dia mengatakan, salah satu kunci kesuksesan Pemilu ada pada tingkat partisipasi pemilih. Artinya pemahaman kepada warga harus terus dilakukan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nantinya.

“Kalau kita mensosialisasikan dan mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya itu tidak masalah, tetapi yang jadi masalah jika mengarahkan untuk memilih si A, si B dan lain-lain, itu sudah partisan, jadinya,” jelas Benyamin.

Benyamin juga menegaskan kepada para seluruh ASN yang hadir,  bahwa Pemilu di Tangerang Selatan, baik legislatif, Pilpres, dan kemudian Pilkada harus disukseskan, dengan ukuran warga masyarakat terdaftar dan menggunakan hak memilihnya dan tidak diarahkan.

Dan juga Benyamin meminta untuk menjaga kondusifitas selama pelaksanaan nantinya, terutama berita-berita dan unggahan di media sosial.

“Hati-hati juga penggunaan media sosial, jangan sampai permasalahan muncul dari penggunaan media sosialnya,” tutupnya. (Red/A).

By Admin

-+=