Kades Kilon Pastikan Tegaknya Transparansi Pengelolaan Dana Desa

Kades Kilon Pastikan Tegaknya Transparansi Pengelolaan Dana Desa


KILON (KKT), Skalainfo.net| Kepala Desa (Kades) Desa Kilon, Kecamatan Wuarlabobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) pastikan tegaknya transparansi dalam pengelolaan Dana Desa (DD) di Desa Kilon. Hal ini disampaikan Kades Desa Kilon La Anto Rumasera saat ditemui reporter skalainfo.net di Kantor Desa Kilon, Kamis, (12/05/2022) lalu.

Kades Kilon La Anto Rumasera menjelaskan, dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan khususnya dalam pengelolaan Dana Desa, pihaknya selalu senantiasa mengacu pada perundang-undangan yang berlaku. Dirinya juga mengaku, setiap ada kegiatan selalu melibatkan masyarakat dalam musyawarah desa dimana terdapat pemerintah desa, perangkat desa dan masyarakat.

“Jika ada masukan dari masyarakat Kami terima ditampung dan nantinya akan kami lakukan duduk bersama membahas dan menyusun apa yang nantinya di rencanakan dan akan dituangkan dalam RKP. Namun, tentunya senantiasa kami bercermin kepada dokumen induk perencanaan selama enam tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, sesuai dengan undang-undang pengelolaan dana desa yakni salah satunya adalah aksi transparansi akuntabel. Sehingga, apa yang menjadi peluang kerja pemerintah terpampang jelas pada baleho transparansi sebagai bukti keterbukaan pemerintah desa dalam mengelola dana desa. Adapun yang terdapat dalam baleho lanjut dia, merupakan bukti transparansi terkait apa yang telah dicapai pemerintah desa selama satu tahun.

“Kami tidak menutup diri untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang belum paham guna menanyakan langsung kepada kami. Kami juha menerima masukan dan usul sarab yang nantinya akan dimusyawaragkan bersama namu tetap mengacu pada dokumen induk selama enam tahun tersebut,” ucap Kades yang sudah menjabat dua periode tersebut.

Dia juga berharap, agar masyarakat memahami bahwa Desa Kilon merupakan milik kita semua. jika ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan ataupun keluh kesah kepada pemerintahan kami, berikan kritik dan saran anda akan kami tindak lanjuti secara cepat tepat.

“Mari bangun Desa Kilon untuk menjadi desa terbaik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” tutupnya. (Red/M.S.A).


Daerah Fokus Hukum Terkini