Rapimda Partai Nasdem Kota Tangsel, Strukturisasi Kaderisasi Dan Evaluasi

Rapimda Partai Nasdem Kota Tangsel, Strukturisasi Kaderisasi Dan Evaluasi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tangsel, Skalainfo.net| Partai Politik harus menjalankan peran dan fungsinya jangan hanya berorientasi untuk mencetak kader di legislatif dan eksekutif, melainkan juga harus memperjuangkan kebijakan partai berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Sehubungan demi kearifan dalam partai, Ketua OKK DPD Partai Nasdem Kota Tangsel Jonson Hazairin, SH., MH. mengatakan, disela-sela kegiatan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Nasdem Tangsel di Kantor DPD Partai Nasdem Tangsel di Komplek Lubana Sengkol, Kp. Sengkol, Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Sabtu, (16/10/2021).

“Jonson Hazairin yang akrab dipanggil (bang Sony), Rapimda ini hendaknya dapat dijadikan media untuk saling memberikan masukan dan dukungan dari berbagai sektor”.

 

Masih dikatakannya, Rapimda DPD Partai Nasdem Tangsel ini dipandang sangat strategis dan penting maknanya, dalam menyusun langkah program kegiatan operasional kerja untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang, katanya.

Partai politik bukan hanya sebagai wadah mempersiapkan seseorang dalam menduduki jabatan di lembaga legislatif dan juga eksekutif, tetapi partai politik juga berperan untuk mengintegrasikan individu atau kelompok masyarakat ke dalam sistem politik,” kata bang Sony yang juga dalam kesehariannya berprofesi sebagai Lawyer.

Untuk itu, sesuai apa yang disampaikan oleh ketua DPD Partai Nasdem Tangsel Drs. H. Moch. Saleh Asnawi, MA., MH. harus bisa di implementasikan dalam memperkuat struktur dan pengkaderan. Sehingga kelevel paling terbawah pun yang kita miliki adalah kader atau anggota yang militan, untuk berjuang membesarkan Partai Nasdem khususnya di Kota Tangerang Selatan, tambahnya.

 

Dengan demikian, kami selaku Ketua OKK segera merealiasasikan arahan dan tujuan yang disampaikan oleh ketua DPD Tangsel, dalam artian bahwa jajaran di OKK DPD Partai Nasdem Kota Tangsel harus mampu menggerakkan artikulasi arah dan tujuan partai. Karena Partai Politik memiliki sejumlah kewajiban, yaitu melakukan sosialisasi, pendidikan politik, pembekalan, rekrutmen serta komunikasi politik kepada semua warga negara, tuturnya.

Dalam organisasi partai bidang OKK itu adalah jantung organisasi, untuk menggerakkan sendi-sendi perjuangan yang saling terhubung satu sama lain. OKK adalah perahu penggerak organisasi yang memastikan langkah perjuangan para kader dan anggota partai agar dapat berjalan lancar dalam menggapai cita-cita Partai.

“Untuk meningkatkan kinerja Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPD Partai Nasdem Tangsel dalam pengkaderan anggota menjadi keharusan”. terangnya.

Ketika awak media menanyakan untuk bagaimana strategi jaringan para anggota dan pengkaderisasi di wilayah yang belum mencapai target eKTA.

Bang Sony menjelaskan, bahwa inilah yang menjadi rencana kerja yang mendesak ke depan, tentunya dengan keaktifan seluruh pengurus di OKK saling bekerjasama seluruh jajaran DPD, DPC dan DPRt untuk mensosialisasikan apa yang menjadi program Partai kita, dan tentunya mereka yang masuk dan bergabung, nantinya berdasarkan niat dan bukan karena paksaan.

Oleh karena itu, kedepannya OKK wajib melakukan pemetaan wilayah, sebagai tanda dan salah satunya dengan mengambil titik koordinat wilayah yang masih minim anggotanya. Tugas pokok OKK fokus memastikan berjalannya roda organisasi, supaya muncul kader-kader masa depan yang militan, sehingga keanggotaan jadi poin penting yang ditekankan dalam pengkaderan, baik itu kader pemula, kader penggerak, kader pemimpin, dan kader utama, ungkapnya.

Kader-kader ini sangat berpengaruh bagi jalannya organisasi politik, oleh karena itu, tugas ini menjadi sangat urgen, karena sangat berkorelasi dengan perjuangan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang partisipasi politik.

Saat ini tambahnya, DPD Partai Nasdem Kota Tangsel sudah memiliki 9.135 kader, sesuai data eKTA yang sudah ada. Namun, saya menekankan bahwa jumlah kader selain dijaga dan pertahankan, kita juga akan terus lakukan sosialisasi dan perekrutan kader-kader baru terutama di wilayah yang masih minim kader partai Nasdem nya, sebutnya.

Dan di tujuh Kecamatan dan 54 Kelurahan sudah terbentuk DPC dan DPRt, sekitar 85 persen di Kota Tangsel, kami akan terus melakukan review kondisi organisasi, perkembangan organisasi, dan isu-isu tentang organisasi di tengah masyarakat. Selain itu, kita juga melihat kembali kapasitas dan kelengkapan kerja organisasi baik di tingkat Kota maupun di tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Tutup bang Sony. (Red/Team).


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Fokus Politik Skala Tangsel Terkini