Bali, skalainfo.net |Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Siberkreasi, STMIK Primakara dan Relawan TIK Provinsi Bali menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital Nasional bertajuk “Indonesia Makin Cakap Digital” dengan berbagai 10 tema berbeda untuk masyarakat Bali, Minggu (13/6/2021) di 10 desa di Kawasan Bali.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Desa Pasekbali, Sumerta Kaja, Sumerta Kelod, Sumerta Kauh, Saba, Pesinggahan, Keramas, Petang, Bhuana Giri dan Sukawana,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Program Literasi Digital, Kominfo.

Tema pelatihan yang diberikan, kata Rizki, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal seperti Desa Paksebali klungkung Go Digital; Peningkatan Penggunaan Media Komputer dalam Pengelolaan Website Desa; Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Penggunaan Meeting Online di Lingkungan Kantor Desa Pesinggahan, Klungkung; Workshop Facebook Ads dan Instagram Ads bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Kerta Gianyar; Pelatihan Penggunaan Teknologi di Bidang Pertanian dan Industri di Lingkungan Desa Bhuana Giri; Meningkatkan Kualitas Pertanian dengan Pengembangan Teknologi di Wilayah Desa Sukawana Kintamani.

“Kegiatan offlline yang dihadiri sekitar 25 hingga 50 orang per desa ini, ditujukan agar melalui para peserta pelatihan akan terwujud upaya meningkatkan digitalisasi desa di Bali. Para peserta diharapkan dapat menjadi teladan bagi para penduduk desa dalam pemanfaatan ekonomi digital,“ jelas Rizki Ameliah, yang juga menjadi Wakil Ketua Umum Siberkreasi.

Ia menambahkan, dalam upaya meningkatkan hilirisasi ekonomi digital, Kementerian Kominfo telah dan akan terus melakukan upaya pengembangan ekosistem ekonomi digital, yang dilakukan melalui berbagai upaya diantaranya: (1) pembangunan infrastruktur fisik; (2) pembangunan infrastruktur data; (3) program pendampingan pegiat ekonomi digital; (4) penyiapan talenta digital.

Kegiatan offline di desa ini, merupakan bagian dari pelaksanaan Siberkreasi Local Festival (SLF) yang berlangsung selama dua hari (11-12 Juni 2021). Hari kedua, berlangsung juga kegiatan secara online yang menghadirkan talkshow dengan tema Komunikasi Kesehatan dan Penanganan Hoaks COVID-19 di Era Digital yaitu: “Membangun Literasi dan Wawasan Kebangsaan di Era Digital”; “Pentingnya Etika Bisnis dalam Usaha Online”; “Tren Buy Now, Pay Later“; “Content Creator and Social Media 101”. Para narasumber yang hadir selama dua hari pelaksanaan diantaranya Marcella Zalianty, Nadia Mulya, Yosi Mokalu, Sacha Stevenson, Gusti Ngurah Anom (Ajik Krisna Bali), Jessica Iskandar. (Tim/Red)

By admin

-+=