• May 12, 2021

Kapolda Sumut Dan Pangdam l/BB Tinjau Kesiapan Dua Kabupaten Akan Laksanaka PSU Pilkada

 Kapolda Sumut Dan Pangdam l/BB Tinjau Kesiapan Dua Kabupaten Akan Laksanaka PSU Pilkada

Rantauprapat, Skalainfo.net | Kunjungann kerja Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.Si dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN, SIP, MM dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Wilayah Hukum Polres Labuhanbatu, Senin,(19/04/2021).

Turut Hadir dalam rombongan Pangdam I /BB dan Kapolda Sumut yakni Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.Si bersama PJU Polda Sumut, Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN, SIP, MM bersama PJU Kodam I/BB, Kapolres Labuhanbatu AKBP DENI KURNIAWAN, S.I.K, M.H. bersama PJU Polres Labuhanbatu, dan Dandim 0209/LB LETKOL INF. ANSRUL KURNIAWAN HARAHAP SE,M.Tr (Han) bersama PJU Kodim 0209/LB.

Adapun yang hadir dalam penyambutan Pangdam I/BB dan Kapoldasu adalah Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han) (Dandim 0209/LB), AKBP Deni Kurniawan, SIK, MH (Kapolres Labuhanbatu), Letkol Inf Dwi Widodo, S.H, M. Han (Danyonif 126/KC), Mayor Arh Muji Santoso (Kasdim 0209/LB), Kompol M Taufik. SE. MH (Waka Polres Labuhanbatu), Para Perwira Kodim 0209/LB, Kapten Cpm Hendrik (Dansubpom I/1-2 Rantauprapat), dan Para Perwira Polres Labuhanbatu.

Kapolda Sumut IRJEN POL. DRS. R. Z. PANCA PUTRA S., M.SI beserta PJU Polda Sumut dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN, SIP, MM beserta PJU Kodam I/BB tiba di Polres Labuhanbatu disambut oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP DENI KURNIAWAN, S.I.K, M.H. bersama PJU Polres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB LETKOL INF. ASRUL KURNIAWAN HARAHAP SE,M.Tr (Han) bersama PJU Kodim 0209/LB kemudian melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan membersihkan tangan menggunakan Hand senitizer oleh petugas kesehatan Polres Labuhanbatu.

Personil Jajar hormat Sat Sabhara melakukan laporan kepada Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN, SIP, MM dan Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.Si bahwa situasi wilayah hukum Polres Labuhanbatu aman dan kondusif.

Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.Si dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN, SIP, MM memasuki ruang Aula Tunggal Panaluan untuk memberikan arahan dalam rangka pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

Arahan dan bimbingan Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.Si menyampaikan, Saya meminta izin kepada semua teman-teman sekalian untuk memastikan kesiapan saudara-saudara untuk mampu mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) tersebut, termasuk ke lokasi TPS di Kecamatan Torganda Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Karena ini Pemungutan Suara Ulang (PSU) bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, maka saya dan pangdam I/BB mengatakan bahwa proses pemilihan nantinya harus dikawal supaya pelaksanaan PSU nya dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Selisih perolehan suara sedikit, maka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan melakukan berbagai cara yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu harus siap melaksanakan pengamanan dan siapapun nanti yang menjadi pemenangnya dalam Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan harus siap untuk menerimanya.

Anda berdua Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB adalah panglimanya dalam rangka Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan di wilayah hukum Labuhanbatu.

Saya sudah lapor kepada panglima bahwa pasang tenda di pintu masuk dengan tujuan bahwa masyarakat melihat Polisi dan TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah hukum Labuhanbatu.

Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB silahkan merazia pintu masuk Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Apabila kekurangan personil siap didukung, kalau kurang silahkan ditambah lagi.

Kita semua harus netral dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang nantinya akan dilaksanakan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati ada kepentingan tapi kita tugas kita hanya pengabdian untuk negara Republik Indonesia.

Saya pastikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) berjalan aman, damai dan bisa terlaksana dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

“Saya berharap jaga betul netralitas kita, jangan mau diperjualbelikan, Kalau kita (Polri dan TNI) sudah menyatu maka semua masalah pasti akan dapat terselesaikan, Kepada kita semuanya, tetap jaga kesehatan masing-masing.,”ujar Kapolda.

Pukul 13.30 Wib Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.SI dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN SIP. MM beserta rombongan menuju Kompi Senapan C Yonif 126/Kala Cakti Jl. WR. Supratman Kel. Padang matinggi Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.SI dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN SIP. MM beserta rombongan tiba di Kompi Senapan C Yonif 126/Kala Cakti dan personil Kompi Senapan C Yonif 126/Kala Cakti melakukan jajar hormat kepada Kapolda Sumut IRJEN POL. DRS. R. Z. PANCA PUTRA S., M.Si.

Pukul 14.00 Wib Kapolda Sumatera Utara IRJEN POL Drs. RZ PANCA PUTRA SIMANJUNTAK,M.Si dan Pangdam 1/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN,S.I.P, MM beserta Dir intelkam Polda Sumut KOMBES POL DWI INDRA MAULANA, S.I.K dan Asops Kodam 1/BB KOLONEL INF.KRISTOMEI SIANTURI,S.Sos,M.Si (Han) tiba di Helipad Perkebunan PT. Torganda dengan menggunakan Helikopter P-3203 dan disambut oleh Dir Binmas KOMBES POL SOFYAN, Kassubdit 3 Jatanras Ditkrimum AKBP TARYONO,S.I.K, Wakapolres KOMPOL M.TAUFIQ,SE,MH, KabagRen AKBP T.R.NABABAN,SH, Kasat Narkoba AKP MARTULESI SITEPU,SH,MH, Kapolsek Torgamba AKP FIRDAUS KEMIT,SH, Kapolsek Sungai Kanan AKP HERI SUGIHARTO,SH,MH, Danramil 01/AK MAYOR INF.ERTICO KHOLIFA,SE,SH., Wadanramil 11/KP LETTU CHB M.SAFEI, Ketua KPU Labusel Ketua EFENDI PASARIBU,SE,MAP, Ketua Bawaslu Labusel AHMAD AJIDDIN HRP,SH, GM PT.Torganda an.SABAR DAMANIK, Manager Bukit Harapan I PT.Torganda H.MANALU, Manager perkebunan sibisamangatur an.E.SITORUS, Camat Torgamba AJA ALAMSYAH S,S.Pd.M.Ap., serta Kepala desa se Kecamatan Torgamba

Rombongan Kapolda Sumut dan Pangdam 1/BB melakukan pengecekan di TPS 11 yang berada di Barak bibitan dan disambut oleh Pendeta HKBP Torganda Pdt. R.HUTASOIT

Dalam peninjauan tersebut Kapolda menanyakan tentang kesiapan penyelenggara dan masyarakat dalam pelaksanaan PSU tanggal 24 April 2021.

Adapun tanggapan KPU Labusel dan GM Perkebunan PT. Torganda sebagai berikut, KPU sudah siap untuk penyelenggaraan PSU di 16 TPS Kabupaten Labusel, Terkait Surat Suara sudah selesai dicetak dan dilipat,

Pendistribusian logistik akan dilaksanakan tanggal 23 April 2021. KPU telah melakukan Sosialisasi dan Bimtek kepada PPK, PPS dan KPPS yang baru dilantik. KPU telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di desa Torganda dan mendapat dukungan dari pihak perusahaan. Pukul 15.55 Wib Kapolda Sumut dan Pangdam 1/BB take off dari lapangan Hellipad PT.Torganda menggunakan Helikopter menuju Rantauprapat.

Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.SI dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN SIP. MM bersama Dir Intelkam Polda Sumut KOMBES POL. DWI INDRA MAULANA, S.I.K. dan Asops Kasdam I/BB KOLONEL INF. KRISTOMEI, S.Sos, M.Si dan para PJU didampingi Kapolres Labuhanbatu AKBP DENI KURNIAWAN, S.I.K, M.H. bersama PJU Polres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB LETKOL INF. ANSRUL KURNIAWAN HARAHAP SE,M.Tr (Han) menuju Kampus Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu dan bersilaturahmi dengan Rektor UNIVA BASARUL ULYAH NASUTION, SE, MM.

Pukul 16.47 Wib Kapolda Sumut IRJEN POL. Drs. R. Z. PANCA PUTRA S., M.SI dan Pangdam I/BB MAYJEN TNI HASANUDDIN SIP. MM bersama Dir Intelkam Polda Sumut KOMBES POL. DWI INDRA MAULANA, S.I.K. dan Asops Kasdam I/BB KOLONEL INF. KRISTOMEI, S.Sos, M.Si dan para PJU didampingi Kapolres Labuhanbatu AKBP DENI KURNIAWAN, S.I.K, M.H. bersama PJU Polres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB LETKOL INF. ANSRUL KURNIAWAN HARAHAP SE,M.Tr (Han) melakukan pengecekan terhadap TPS 007 Jln.Sempurna Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Selama kegiatan kunjungan Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB situasi aman dan kondusif. Selain itu selama kegiatan berlangsung semua mematuhi protokol Kesehatan covid-19. (B.Munthe/Humas/red)