• July 24, 2021

Kurangnya Perhatian Pemerintah Jembatan Penghubung Nagori Sigodang Ke Nagori Dasmariah Sangat Memprihatinkan

 Kurangnya Perhatian Pemerintah Jembatan Penghubung Nagori Sigodang Ke Nagori Dasmariah Sangat Memprihatinkan

Simalungun. Skalainfo.net |Agus Irawan Sinaga SH anggota DPRD Simalungun dari Partai PERINDO  mengatakan bahwa Jembatan ini merupakan jalan Alternatif  dan bisa lebih cepat sampai menuju ke Kantor Bupati dari kecamatan Dolok Pardamean, dan kecamatan Sidamanik.

Jembatan penghubung antara Nagori Sigodang ke Nagori  Das Mariah ini sangat membahayakan pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor sebab jembatan tanpa Diding / pagar pengaman jembatan, begitu juga jalan ini sudah aspal hotmix tetapi masak seperti ini jembatannya. Demikian hal ini dikatakan Agus Irawan Sinaga Jum’at 5/3/2021 sore hari di lokasi jembatan.

Sudah sangat pantas, layak dan penting ini jembatan tuk di buat dinding pagar pengaman dan rehap apalagi saat ini kondisi jembatan sudah tua dan sempit( kecil ) tidak bisa berpapasan kendaraan truk/mobil, di tambah di posisi menurun dari arah berlawanan.

Di tempat lain Pangulu Nagori Sigodang dan Pangulu Dasmariah M.Silalahi mengatakan bahwa sebab jembatan ini tidak memiliki pagar pengaman, pernah  terjadi kecelakaan sampai memakan korban jatuh ke sungai itu saat melintas dari atas jembatan di malam hari, yaitu penarik ojek dari Siantar usai mengantar sewanya ke Nagori Dasmariah di Tahun baru lalu 2021.

Ditambahkan Pangulu bahwa antara Pangulu Sigodang dan Pangulu Das Mariah telah pernah memusyawarahkan tentang jembatan itu tuk di rehap diperbesar dan di buat dinding(pagar pengaman ) serta telah di usulkan ke kecamatan dan tingkat 2 Simalungun.

Jadi harapan kami masyarakat Nagori Sigodang dan masyarakat Nagori Dasmariah bersama pengguna jalan dan jembatan penghubung yang juga merupakan jalan alternatif penghubung antar kecamatan ini menuju Pemkab Simalungun tuk sangat penting di buat dinding pagar pengaman dijembatan ini, sekaligus tuk di rehap di perbesar, di buat perboden tanda jembatan serta ada lampu penerangan jalan di jembatan itu, agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa membuat korban celaka,

Melalui media ini sebaiknya pihak Pemkab Simalungun melalui PUPR tuk segera turun tinjau dan tindakan sigap , tanggap dan cepat kerja,,,kerja,,,kerja demi keselamatan Rakyat pengguna jalan dan jembatan.

Ditempat terpisah juga ketua DPC Pemuda Pancasila 1959 kabupaten Simalungun DR Boyke Sinaga mengatakan memang sudah pantas dan selayaknyalah jembatan tua yang tanpa pagar dinding pengaman ini di rehap serta di buat dinding pagar pengaman Tahun ini, baru benar ada nyata kepedulian dan keprihatinan Pemkab Simalungun bila segera Tahun ini di rehap sebelum memakan korban baru nantinya.

Tentang anggaran untuk pembangunan rehap jembatan ini kan bisa saja anggaran dari kebijakan pimpinan ( Bupati ) atau anggaran dana aspirasi DPRD atau dana Desa/ APBD untuk Desa( Nagori ). (Paten Purba/red ).