• January 18, 2021

Sertifikat Tanah Jaminan Kepastian Hukum

 Sertifikat Tanah Jaminan Kepastian Hukum

BAUBAU, skalainfo.net | Sertifikat tanah yang diterbitkan oleh BPN adalah jaminan kepastian Hukum yang kuat atas status Hak kepemilikan. Sehingga diharapkan tidak muncul lagi sengketa-sengketa, yang berarti.

Demikian diungkapkan Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin, MH kepada sejumlah wartawan usai mengikuti acara penyerahan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Sistimatis Lengkap (PTSL) dan kegiatan retribusi tanah tahun anggaran 2020 secara virtual sebanyak 25 sertifikat di Kota Baubau oleh Presiden Republik Indonesia di hotel zenith premiere Selasa (5/1/2020).

Menurut Wali Kota Baubau dua periode ini, selain dijadikan jaminan kepastian Hukum, sertifikat tanah bisa dijadikan jaminan kredit untuk penambahan modal usaha maupun memulai usaha bagi masyarakat sehingga dapat bermanfaat.“Kita berharap, setelah ada sertifikat jangan hanya dipegang, kalau bisa ambil kredit di Bank lalu berusaha  mengolah tanahnya sehingga bisa bernilai ekonomi,” ujarnya.

AS Tamrin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Jalil yang telah mendukung sertifikat tanah di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Baubau. Kemudian, masyarakat penerima sertifikat dan Kantor Badan Pertanahan Nasional Baubau yang terus meningkatkan program-program sertifikasi tanah di Daerah itu.

Sementara itu, Acara penyerahan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Sistimatis Lengkap (PTSL) dan kegiatan retribusi tanah tahun anggaran 2020 secara virtual sebanyak 25 sertifikat di Kota Baubau oleh Presiden Republik Indonesia turut dihadiri Sekda Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd unsur Forkompinda Baubau, Plt Kadis Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si, Camat Wolio dan Lurah Batulo dan  masyarakat penerima PTSL. (Usnah/red),