• January 22, 2021

Satgas Pelopor PO-5 Kantor Kemenag Bau-Bau Resmi Dikukuhkan

 Satgas Pelopor PO-5 Kantor Kemenag Bau-Bau Resmi Dikukuhkan

BAU-BAU, skalainfo.net | Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. resmi mengukuhkan Satgas Pelopor PO-5 kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bau-bau pada acara Ramah Tama dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag. Acara ini diselenggarakan di aula Muirun Awi kantor Kemenag Bau-bau Jalan Palagimata, Selasa, (5/1/2021).

Acara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat eselon dua lingkup Pemerintah Kota Bau-bau di antaranya ialah Asisten I Setda Kota Baubau Drs. Rahmat Tuta, M.Si. dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bau-bau La Ode Darusalam S.Sos, M.Si.

Melalui sambutannya H. AS Tamrin mengungkapkan, nilai-nilai yang terkandung dalam PO-5 sangat sejalan dengan ajaran agama Islam, di antaranya ialah “Pomaamasiaka”. Menurutnya, Pomaamasiaka tersebut telah tertuang dalam Hadis Nabi Besar Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

“Nilai Pomaamasiaka ini telah tertuang dalam hadis yang artinya, dari Annas bin Malik Radiyallahu Anhu Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam bersabda tidak sempurna keimanan seorang dari kalian, hingga ia mencintai untuk saudaranya sebagaimana ia mencintai untuk dirinya sendiri (HR. Bukhari No.13 dan Muslim no. 45)”, ujarnya.

Untuk itu orang nomor satu di Kota Bau-bau ini berharap, dengan dikukuhkannya Satgas Pelopor PO-5 kantor Kemenag Bau-bau tersebut, bakal merancang buku saku buat panduan masyarakat tentang penjabaran PO-5 yang berdasarkan firman Allah SWT  dan Hadis-hadis Nabi Besar Muhammad SAW.

“Dalam merumuskan nilai-nilai PO-5 ini leluhur kita juga mengatur dari nilai-nilai agama. Namun disederhanakan dalam bentuk pesan-pesan moral yaitu Pomaamasiaka, Poangkaangka Taka, Popiapiara, Pomaemaeaka, dan Pobincibinciki kuli. Akan tetapi ini perlu dikaji juga karena leluhur kita tidak menjelaskannya secara rinci satu persatu”, imbuhnya

Lebih lanjut Wali Kota dua periode ini menambahkan, jika nilai-nilai PO-5 tersebut dapat diimplementasikan di perkantoran dapat meningkatkan etos kerja. Pasalnya, sinergitas antara atasan dan bawahan akan selalu terbangun dengan baik. Selain itu, sinkronisasi antara Hak dan kewajiban dapat terpenuhi.

“Saya percaya, dengan hadirnya Satgas Pelopor PO-5 ini dapat membuka lembaran baru di Tahun baru ini dengan semangat baru dan inovasi baru.

PO-5 ini mengandung arti yang sangat Besar jika wujud nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari termasuk di kantor,” pungkasnya. (Rachmat/red),