• January 28, 2021

DWP BAUBAU PERINGATI HUT DENGAN SEDERHANA

 DWP BAUBAU PERINGATI HUT DENGAN SEDERHANA

Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 agak sedikit berbeda, karena dilksanakan secara sederhana dan masih dalam kondisi tatanan normal baru. Dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang tetap temanya mensosialisasikan dan mempublikasikan nilai PO-5 pada keluarga DWP dan masyarakat baik pada tingkat lokal maupun nasional. Pada tingkat lokal antara lain Bakti DWP untuk negeri selama 4 hari bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Kota Baubau edukasi protokoler kesehatan, sosialisasi PO-5 juga pembagian masker gratis kepada masyarakat dengan wujud tepo saliro satu rasa dengan masyarakat.

Sedangkan pada tingkat nasional dan internasional dilakukan melalui seminar kepribadian secara virtual yang diikuti 2195 peserta tidak hanya anggota juga seluruh organisasi yang ada di Kota Baubau dan didaerah lain. Termaksud, 1000 di ruang zoom dan 1095 di ruang yuotube. DWP Kota Baubau juga melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) sebagai reframing dan restruktur organisasi menetapkan ketu dan pengurus karena ketua PAW telah demisioner serta menetapkan program kerja 5 tahun mendatang dan pada acara puncak peringatan HUT DWP ke-21 yang seharusnya tanggal. 7 Desember 2020 namun karena kesibukan baru bisa dilaksanakan pada Minggu, (20/12/2020)

Demikian dikatakan ketua DWP Kota Baubau Dr. Nanik H Roni Muhtar saat memberikan sambutan pada HUT DWP ke-21 di aula kantor Walikota Baubau palagimata Minggu, (20/12/2020).

Menurut Dr. Nanik H Roni Muhtar, seminar online yang menggusung tema wanita cantik, sehat dan berkepribadian PO-5 digelar dengan tujuan mensosialisasikan dan mempublikasikan nilai PO-5 dikalangan para wanita baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Sebab nilai PO-5 merupakan nilai universal nilai yang mengatur hubungan Habluminannas antar manusia dengan sesame yang tidak hanya untuk masyarakat Buton namun juga masyarakat seluruh dunia yang dapat digunakan sebagaii landasan tata nilai baik dalam kehidupan individu bermasyarakat atau berorganisasi. Khusus organisasi, DWP sebagai fondasi perilaku anggota organisasi yang dipandang dari sudut human resources, frame dan symbolic frame yang memperlakukan sesama anggota organisasi untuk tepo saliro, poangka angkataka, popia piara, pomaa masiaka, pomae maeaka.

Sedangkan symbolic frame yang digunakan adalah lambing PO-5 ini artinya setiap anggota organisasi para istri-istri ASN Kota Baubau selalu diingatkan meskipun eksis sebagai wanita modern di era digital sebagai wanita Buton modern yang selalu mengupdate kemajuan dalam meningkatkan vaue added dirinya namun tetap berkepribadian PO-5 nilai budaya leluhurnya. ”Atau dengna kata lain, ibu DWP boleh berwawasan global tapi tetap bermidset tradisional. Wanita adalah secara kodratnya selain menjadi ibu, istri juga pendamping suami , dalam profesi apapun selalu berurusan dengan ibu rumah tangga dan dapur. Maka dirinya harus menjadi dokter yang senantiasa menjaga kesehatannya untuk suami dan anak-anaknya. Wanita yang berkepribadian PO-5 memiliki kekokohan pribadi dalam memanfaatkan untuk hal positif,” katanya.

Ditambahkan, pada momentum HUT DWP ke-21 mendapat amanah mensosialisasikan tetap nilai-nilai PO-5 dimana ini adalah sebuah penghargaan dan anugrah yang luar biasa. Karena itu, dalam upaya mensosialisasikan amanah tersebut maka pada HUT DWP ke-21 mengemas 2 program yakni pertama, penyampaian nilai PO-5 dalam DWP untuk negeri edukasi masyarakat tentang protokoler kesehatan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 di 8 Kecamatan Kota Baubau. Kedua, seminar online. Pihaknya juga sebagai ungkapan terima kasih memberi piagam penghargaan kepada 9 orang panitia yang telah sukses dalam melaksanakan kegiatan. Kemudian memberTer 5 piagam penghargaan kepada 5 orang ibu purnabakti serta memberikan santuna kepada 5 orang anak yatim piatu sebagai bentuk implementasi PO-5. Termaksud penyerahan satu set alat music seruling sebagai bentuk pelestarian music dua warnah DWP perpaduan music modern dan tradisional kepada paguyuban seni Bali dari Keluarga besar Dr. Roni Muhtar. Kemudian, pada momentum HUT DWP ke-21, dalam menyambut hari ibu ke-92, DWP Kota Baubau juga menyampaikan terima kasih kepada ketua TP PKK Kota Baubau Hj. Sartini Tamrin, S.Pd yang menjadi motivasi dan semangat serta pemberi semangat dalam keteladanan.

Sementara itu, ketua DWP Kota Baubau Dr. Nanik H Roni Muhtar juga turut membacakan sambutan ketua umum DWP Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada peringatan HUT DWP ke-21 yang antara lain dimana dalam bentuk keterbatasan DWP masih mengadakan pertemuan secara fisik dan tetap berkarya baik bagi keluarga, organisasi maupun Negara tercinta. Terlebih, memasuki usia ke-21 merupakan hari special dan merupakan ulang tahun pertama yang diselenggarakan pada kepengurusan periode 2019-2024. Dan tema HUT DWP ke-21 yakni Peran Dharma Wanita Persatuan dalam pemberdayaan perempuan di era digital untuk mendukung terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia.

Turut hadir pada peringatan HUT DWP ke-21 adalah Wali Kota Baubau Dr. H AS Tamrin, MH, unsur muspida, Sekda Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd, dan kepala-kepala OPD serta pengurus organisasi wanita se- Kota Baubau. (Red/Husna).

Autentikasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.