• January 18, 2021

Wawali Baubau Tekankan KONI Mengurus Persoalan Olahraga Secara Serius

 Wawali Baubau Tekankan KONI Mengurus Persoalan Olahraga Secara Serius

Baubau, Skalainfo.net| Wakil Walikota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse menekankan agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Baubau dapat mengurus persoalan olahraga di Baubau dengan serius. Pasalnya, prestasi olahraga merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu Daerah.

Hal tersebut ia ungkapkan melalui sambutannya pada saat membuka dengan resmi rapat anggota tahunan KONI Kota Baubau. Rapat anggota tahunan tersebut diselenggarakan di kantor Koni Kota Baubau Rabu, (16/12/2020).

“Masalah olahraga ini harus benar-benar diurus secara serius, karena prestasi olahraga tidak terlepas dari prestasi dan keberhasilan suatu daerah. Tidak sedikit daerah yang maju tapi olahraganya justru tertinggal, untuk itu bapak Walikota menginginkan agar prestasi olahraga ini dapat seiring dengan prestasi lainya,” tegasnya.

La Ode Ahmad Monianse mengingatkan, Kota Baubau penuh dengan penghargaan yang bertubi-tubi dari tahun ke tahun. Namun ia sangat menyayangkan, dari sisi olahraga Kota Baubau masih berada diposisi papan tengah yang masih jauh tertinggal dari Daerah-daerah lainnya.

Untuk itu, orang nomor dua di Kota Baubau ini berharap agar prestasi olahraga di Kota Baubau di bawah kepengurusan KONI dapat dikembalikan kejayaannya seperti dimasa lampau. Ia juga berpesan, agar dimasa yang akan datang rapat anggota tahunan tersebut dapat dilaksanakan pada bulan Juni.

“Andaikan rapat tahunan ini dilaksanakan di bulan Juni, maka semua saran dan masukan itu dapat diakomodir dalam Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dan nantinya akan digiring kepada perencanaan anggaran APBD tahun berikutnya,” imbunya.

Meski demikian, La Ode Ahmad Monianse menyadari, tidak semua harapan dan keinginan KONI bisa diakomodir. Pasalnya, anggaran yang tersedia sangat terbatas, namun paling tidak di dalam rapat anggota tahunan tersebut KONI dapat menyusun agenda prioritas.

Ditambahkan, dari agenda prioritas tersebut KONI dapat membuat klaster cabang olahraga mana yang prestasinya selama ini menonjol. Selanjutnya mempersiapkan cabang olahraga apa yang akan dinaikkan berikutnya. Selain itu, ketersediaan sarana prasarana latihan serta ketersediaan Atletik perlu diperhitungkan.

“Jadi kita membuat klaster bukan untuk mepermanenkan olahraga itu pada klasternya, tapi ada sebuah langkah atau progres. Jadi kalau di Kota ini misalnya ada 5 cabang olahraga yang diprioritaskan, kemudian ada 10 cabang olahraga yang masuk di prioritas ke 2. Ini artinya bahwa yang prioritas kedua ini sedapat mungkin nantinya akan naik seiring dengan ketersediaan anggaran kita,” tuturnya.

La Ode Ahmad Monianse juga mengingatkan, agar dalam rapat anggota tahunan KONI tersebut persiapan untuk menuju penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara (Porprov Sultra) 2022 dapat penjadi pembahasan utama. Pasalnya, Kota Baubau dan Kabupaten Buton ditunjuk sebagai tuan rumah bersama.

“Kemudian kita pun akan membicarakan dirapat anggota tahunan ini tentang apa yang dapat kita persiapkan dalam menghadapi ivent ini sebagai tuan rumah. Kita harus memikirkan bersama agar dalam Porprov ini Kota Baubau dapat sukses dalam prestasi juga sukses dalam pelaksanaan,” pungkasnya. (Red/Husna).

Autentikasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.