• January 18, 2021

Walikota Baubau Minta Pengurus PERKEMI Baubau Kompak

 Walikota Baubau Minta Pengurus PERKEMI Baubau Kompak

Baubau, Skalainfo.net| Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH saat memberikan sambutan pada pelantikan/pengukuhan pengurus Perkemi Kota Baubau masa bakti Tahun 2020-2024 di RM Metro Kyuu Suki Rabu, (9/12/2020).

 

Memberikan apresiasi dan senang karena Perkemi Kota Baubau juga menggusung tema yang berkaitan dengan nilai-nilai PO 5 (Pomaa maasiaka, Popia piara, Pomae maeaka, Poangka angkataka dan Pobinci binci kuli,) sebab ini merupakan salah satu kekuatan dengan komitmen dan konsistensi kepercayaan diri, dimana sesungguhnya kekuatan itu adalah kebersamaan yang terjalin dengan baik dalam suatu organisasi.

“Jadi pengurus Perkemi Baubau harus kompak dan jangan terpecah belah. Bahwa, dalam suatun organisasi itu terdapat perbedaan pemikiran itu hal yang wajar dan ini merupakan satu kekuatan,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Kota Baubau ini, Perkemi Kota Baubau dibawah kepemimpinan H. Andi Hamzah, SH., M.Si ke depan dapat menjadi satu kekuatan dalam mewujudkan visi dan misi Kota Baubau yakni mewujudkan Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya yang diletakkan pada empat pilar pembangunan yakni pembangunan sumber daya manusia, sarana prasarana, ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada kearifan lokal dan budaya.

Dan yang menjadi inti adalah manusia dengan membangun manusia itu melalui jalur olahraga, pendidikan, kesehatan termaksud moral dan karakter.

Sementara itu, Ketua Perkemi Sultra Harmin Ramba memberikan apresiasi kepada Kota Baubau yang berhasil menggelar kegiatan ini dimaknai tentu menunjukkan perkembangan Kempo di Sultra yang cukup maju sehingga mampu melahirkan atlet-atlet baru untuk meraih prestasi baik daerah maupun nasional.

Dan Kepengurusan Perkemi Sultra telah terbentuk 16 Kabupaten/Kota dan masih ada 1 dalam proses yakni Konawe Kepulauan yang sebentar lagi sudah terbentuk.

Diungkapkan Harmin, Kota Baubau punya potensi untuk olahraga Kempo dimana saat ini ada dua orang atlet dari Kota Baubau yang sudah mewakili Sultra di tingkat nasional. Ini merupakan bukti nyata karena selama ini di Baubau ini selalu dipandang sebelah mata dari sisi prestasi.

“Dari 8 atlet Sultra yang dikirim ke Banjarmasin untuk berlaga, ternyata 2 orang dari Baubau,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Harmin, cabang olahraga kempo merupakan salah satu cabang olaharga unggulan dari 8 cabang olahraga di Sultra, karena itu diharapkan kepada pengurus Perkemi Kota Baubau bisa bersinergi dengan Pemkot Baubau sehingga dengan pelantikan ini menjadi momentum kebangkitan olahraga kempo di Baubau yang tentunya akan berkontribusi juga untuk Sultra.

Dimana untuk Tahun 2022, Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov sehingga pengurus Perkemi Sultra menjadi perhatian tersendiri bagi Kota Baubau.

Ditempat yang sama H. Andi Hamzah, SH., M.Si Ketua Perkemi Kota Baubau berjanji akan menjadi spirit untuk memajukan olahraga Kempo di Baubau dan berbuat yang terbaik di masa mendatang. Apalagi, Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH sangat memberikan dukungan terutama telah mengajarkan nilai-nilai besar dalam kehidupan yang selama ini dikenal dengan PO 5.

Tentu nilai PO 5 ini yang merupakan falsafah rasa yang konsekwen dengan doktrin shorinji Kempo yakni perangilah diri sendiri sebelum memerangi orang lain. Antara shorinji dan PO 5 adalah kebulatan tekad sebagai pengurus Perkemi Kota Baubau.

Andi Hamzah yang juga Kadis PUPR Kota Baubau mengakui agenda Porprov Tahun 2022, mendatang telah ada 4 program yang menjadi tugas Perkemi Kota Baubau yakni yang pertama terkait dengan sarana dan prasarana latihan yang memadai, diharapkan ada perhatian dari Pemkot Baubau khususnya dari Dinas Pemuda dan Olahraga untuk bekerja sama penyediaannnya.

Yang kedua, terkait dengan organisasi diharapkan pembinaan dari Walikota Baubau dan Perkemi Sultra, agar Perkemi Kota Baubau dapat berprestasi . Yang ketiga, terkait dengan pembinaan Kensi, karena yang akan dibina ke depan siswa SMP dan SMA sehingga diharapkan dari Dinas Pendidikan bisa bekerjasama dan Perkemi Sultra membantu masuk ke sekolah-sekolah terutama SMA yang masih menjadi kewenangan Pemprov Sultra.

Dan keempat, terkait dengan kepelatihan, antara pelatih dan kensi harus sejalan untuk meraih hasil yang maksimal. (Red/Husna).

Autentikasi : Dinas Kominfo Baubau.