Bangka Belitung, skalainfo.net |  Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, wakili Kapolri hadir pada acara penyerahan hadiah pemenang lomba Kampung Tegep Mandiri (KTM) yang digelar di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu, 21 November 2020.

Acara ini digelar bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-20 yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Sehari sebelumnya, Kabaharkam Polri berkesempatan meninjau langsung lokasi KTM Desa Lubuk Besar di Kabupaten Bangka Tengah dan Taman Edukasi Ketahanan Pangan Terintegrasi Polsek Jebus di Kabupaten Bangka Barat.

KTM tersebut merupakan implementasi Kampung Tangguh Nusantara yang telah dicanangkan Panglima TNI dan Kapolri beberapa waktu lalu, yang menginstruksikan jajaran TNI-Polri memanfaatkan lahan tidur untuk dikelola menjadi produktif guna membantu kebutuhan ekonomi masyarakat yang lesu akibat pandemi COVID-19.

Adapun para pemenang lomba berdasarkan hasil penilaian tim gabungan adalah sebagai berikut:

Juara Umum Wilayah Pulau Bangka

KTM Desa Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah

Juara Umum Wilayah Pulau Belitung

KTM Desa Badau Kabupaten Belitung

Juara Favorit Bidang Kesehatan

KTM Desa Buyan Kelumbi Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat

Juara Favorit Bidang Sosial Ekonomi dan Pangan

KTM Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan

Juara Favorit Bidang Keamanan

KTM Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur

Juara Favorit Bidang Informatika dan Inovasi

KTM Lingkungan Sidodasi Kelurahan Sri Menanti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka

Juara Harapan

KTM Perumahan Gelase Asri Kampung Dul Pangkalpinang.

Di penghujung kegiatan, Kabaharkam Polri juga berkesempatan membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi.

Dalam amanatnya, Kapolri mengucapkan selamat ulang tahun kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ke-20 serta ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat atas kontribusinya dalam memelihara situasi Kamtibmas, upaya penanganan COVID-19, upaya pemulihan perekonomian nasional, dan juga menjaga ketahanan pangan nasional.

“Mudah-mudahan Provinsi Bangka Belitung menjadi provinsi yang maju dan sejahtera,” kata Komjen Pol Agus Andrianto membacakan amanat Kapolri.

Kapolri berharap, Program Kampung Tegep Mandiri di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat membantu perekonomian dan mendukung ketahanan pangan masyarakat, karena Pandemi COVID-19 telah nyata-nyata berdampak tidak hanya di bidang kesehatan, melainkan juga di bidang ekonomi, keagamaan, sosial dan budaya, keamanan, serta politik.

Selain itu, mengingat situasi pandemi juga menimbulkan niat dan kesempatan untuk melakukan tindak pidana, ditambah empat dari tujuh kabupaten di wilayah Bangka Belitung sedang melaksanakan pilkada, Kapolri mengingatkan perlu adanya pengelolaan wilayah ini dengan baik.

Karena jika tidak, maka akan berpotensi mengganggu situasi Kamtibmas. “Di sinilah peran Polri yang didukung oleh TNI dan pemerintah daerah dibutuhkan, agar potensi gangguan Kamtibmas tidak berkembang menjadi gangguan nyata,” katanya.

Selaku pimpinan Polri, Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Forkompinda, atas gagasannya melombakan program Kampung Tangguh Nusantara melalui kegiatan lomba Kampung Tegep Mandiri yang didukung oleh Gubernur, Forkompinda Provinsi, dan Forkompinda kabupaten/kota.

“Saya sangat berharap bahwa lomba Kampung Tegep Mandiri ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Para pimpinan daerah diharapkan mempertahankan upaya-upaya yang telah dilakukan,” pesan Kapolri.

Terakhir, Kapolri mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat melalui penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan harus terus dijaga secara ketat.(why/red),

By admin

-+=