• November 30, 2020
 Dipertanyakan, Kenapa Kepsek SDN 13 Rantau Selatan Jarang Masuk Kantor ??

Labuhanbatu, Skalainfo.net |  Dipertanyakan, kenapa Kepala sekolah (Kasek) sekolah Dasar Negeri SDN 13 Kali Bening Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) jarang masuk kantor.

Seperti yang dikatakan salah seorang guru SDN 13 Rantau Selatan saat ditemui dikediamannya menjawab wartawan di Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (11/11/2020).”Ibu kasek (Kepala sekolah) jarang masuk pak. 2 (dua) hari dalam 1 (satu) Minggu belum tentu masuk atau hadir disekolah, ini aja saya baru pulang dari sekolah, tadi ibu kasek juga tidak masuk”ujarnya.

Disebutkannya, Sebagai guru kelas, dirinya tidak tahu apa alasannya. Apakah karena ada rapat dikantor dinas atau tidak. Soalnya yang tau kegiatan luar kantor itu kepala sekolah sendiri. “Awak apa la, hanya guru kelas, bukan kepala sekolah” ucap guru dimaksud.

Dijelaskannya, lain kali, kalau mau kesekolah, Bapak telpon dulu, biar tahu, apakah ibu kepsek itu ada disekolah atau tidak,” paparnya sembari memberikan nomor kasek tersebut.

Perlu diketahui, berdasarkan surat edaran (SE) Mendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “langkah pencegahan Covid 19 pada satuan pendidikan”, dan SE Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang ” pelaksanaan pendidikan pada masa Covid 19″, tanggungjawab Kasek cukup besar selama siswa belajar di rumah.

Tugas Kasek diantaranya, melakukan pengarahan kepada guru dan staf sekolah. Melakukan koordinasi secara periodik dan diskusi kepada para guru tentang masalah yang dihadapi para siswa dan orangtua murid.

Kasek wajib memantau dan melakukan supervise apakah tugas yang diberikan terlalu berat atau tidak menarik sehingga tidak sesuai dengan kurikulum pembelajaran siswa tersebut.

Kasek juga perlu melakukan evaluasi pengumpulan data pelaksanaan pembelajaran daring. Menganalisi bersama guru-guru apa yang tidak baik dalam pembelajaran di rumah dan apa yang baik.

Lucunya, Kepala sekolah SDN 13 Rantau Selatan sampai berita ini dikirimkan ke meja redaksi belum menjawab pertanyaan wartawan. Padahal dari pesan whatsapp yang dikirimkan ke no hpnya, terlihat tanda dua ceklis biru.(Damanik/red),