• November 24, 2020

Bawaslu Harus Bertindak Tegas APK Masih Terpasang Di Kota Rantauprapat

 Bawaslu Harus Bertindak Tegas APK Masih Terpasang Di Kota Rantauprapat

Rantauprapat, Skalainfo.net| Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, hingga  Rabu 21/10/2020 siang, belum bertindak menertibkan penempatan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang menyalahi aturan pemasangan.

“Lokasi penempatan pemasangan APK seharusnya sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu. Ketentuan lokasi penempatan pemasangan APK tersebut, harus mengacu kepada Undang-undang dan peraturan KPU,” ucap mantan Komisioner KPU Labuhanbatu Syam Hasri, SH kepada awak media  Rabu, 21/10/2020.

Syam menyebut, ada beberapa tempat pemasangan APK yang tidak dibolehkan. Bila menyalahi aturan pemasangan maka Bawaslu bersama KPU dan Satpol PP wajib menertibkannya,” ucapnya.

Mantan Ketua KNPI Labuhanbatu itu menyebutkan, tempat-tempat pemasangan APK yang menyalahi aturan pemasangan tersebut diantaranya, diatas jembatan, fasilitas ibadah fasilitas pendidikan.

Kemudian lanjutnya, di fasilitas umum atau instansi pemerintahan, penempatan yang merusak estetika atau keindahan perkotaan, halaman rumah atau pekarangan penduduk tanpa izin pemiliknya, sepanjang jalan protokol yang dilarang pemerintah. Tempat-tempat yang dilarang sesuai regulasi.

Menurut Syam yang kini berprofesi sebagai pengacara dan advokat itu, penempatan atau pemasangan APK di tiang telepon maupun tiang listrik juga dilarang. Karena ini termasuk aset atau barang milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hingga berita ini di publikasihkan, Ketua Bawaslu Makmur Munthe maupun KPU Labuhanbatu Wahyudi, belum memberikan keterangan. Meski dihubungi keduanya sudah diajukan pertanyaan via WhatsApp. (Red/B.Munthe).