• October 26, 2020

Secara Virtual, Korem 064/MY Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-75

 Secara Virtual, Korem 064/MY Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-75

SERANG, skalainfo.net | Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19, acara Peringatan HUT Ke-75 TNI dilaksanakan secara virtual yang dipusatkan di Istana Negara Jakarta. Sedangkan untuk Korem 064/MY menyelenggarakan upacara peringatan HUT TNI secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, Senin (05/10/2020).

Upacara HUT TNI ke-75 kali ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara. Tampak hadir dalam upacara tersebut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya: dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19,” tuturnya.

Jokowi pun berharap TNI selalu bersikap profesional. Dia juga berharap agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” kata Jokowi.

Ditemui di lokasi, Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko menyampaikan harapan kedepannya untuk TNI.

“Ya, tadi kita sudah melakukan peringatan HUT TNI ke-75 secara virtual dengan temanya adalah ‘Sinergi Untuk Negeri’, artinya bahwa pelaksanaan tugas yang kita saat ini jalankan semua harus bersinergi. Tadi disampaikan juga tugas pokok TNI, saat ini kita fokus kepada Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Gumuruh.

Gumuruh juga menyampaikan bahwa TNI saat ini melakukan tiga hal utama di masa pandemi Covid-19.

“Untuk OMSP, ada tiga hal utama yang kita laksanakan yang pertama kondisi sekarang adalah melaksanakan Bagaimana Covid-19 ini tidak kemana-mana, yang kedua dalam rangka Pilkada juga kita juga membantu kepolisian itu pun masuk dalam OMSP, yang ketiga jangan kalah pentingnya pemulihan ekonomi kami melakukannya adalah dengan menciptakan ketahanan ketahanan pangan di wilayah yang ada di Provinsi Banten dan itu tidak bisa TNI sendiri, makanya ada Sinergi Untuk Negeri,” tutur Gumuruh.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy juga menyampaikan ucapan dan harapan kepada TNI di HUT ke – 75 ini.

“Dirgahayu untuk TNI yang ke-75. Semoga TNI bisa makin bersinergi dengan Polri dan Pemerintah Daerah untuk menjaga NKRI,” kata Andika.

Ditemui di tempat yang sama, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar juga menyampaikan ucapan selamat kepada para Tentara Nasional Indonesia.

“Intinya pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan dirgahayu TNI yang ke-75. Semoga TNI makin dicintai rakyat, bersinergi bersama-sama aparat Polri, pemerintah daerah,” tutup Fiandar.( Sulaeman/red),