• October 31, 2020

“Sederhana saja, Ayo Pakai Masker” KKN Mahasiswi Unisma Malang Di Papua

 “Sederhana saja, Ayo Pakai Masker” KKN Mahasiswi Unisma Malang Di Papua

Jayapura, Papua, Skalainfo.net| Universitas Islam Malang kembali melaksanakan kegiatan rutin Kuliah Kerja Nyata namun periode ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2020 Edisi Covid -19 berlangsung sejak tanggal 3 Agustus hingga 3 September 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi yang mengharuskan para peserta KKN menjalankan program kerja secara individu di daerah masing-masing.

Nadya Rahma Fadila, mahasiswa Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam kelompok KKN 80, di bawah bimbingan Bapak Dr. Sama Iradat Tito, S.Si., M.Si, tengah melaksanakan program kerjanya secara individu di Kelurahan Vim, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Ditengah pandemi ini dapat ditemui sudah banyak upaya Pemerintah setempat untuk melakukan pencegahan penularan virus, seperti disediakan fasilitas untuk mencuci tangan di beberapa titik di tempat umum dan setiap toko kecil sekalipun telah menyediakan tempat untuk mencuci tangan di depan toko. Namun ada hal menarik bagi Nadya, dimana kesadaran individu untuk menggunakan masker sebagai upaya proteksi diri dari bahaya virus terlihat masih sangat minim.

“memang Pemerintah telah berupaya, alangkah lebih baik lagi diimbangi dengan kesadaran setiap individu untuk mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari yang sederhana saja, menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah dan membersihkan tangan setelah berinteraksi dengan orang asing,” ujarnya.

Hal ini menggerakkannya untuk membagikan masker serta hand sanitizer bagi para pedagang kaki lima di sekitar Kelurahan Vim. Sasaran program ini cenderung kepedagang kaki lima dikarenakan mereka dominan berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda-beda setiap harinya.

“hal kecil ini kita terapkan pada diri sendiri agar memproteksi diri kita dari bahaya virus. Mungkin tidak seberapa yang saya lakukan tapi saya berharap agar hal ini dapat berdampak positif bagi masyarakat yang telah sempat terlibat,” tutup Nadya Rahma Fadila. (Red/Jack).