• October 28, 2020

Keterhubungan Jamu Sejati, Teknologi Sejati & Desa Sejati Di Bumi Nusantara Indonesia Lahir Baru Jagad Renovasi Total 2020.

 Keterhubungan Jamu Sejati, Teknologi Sejati & Desa Sejati Di Bumi Nusantara Indonesia Lahir Baru Jagad Renovasi Total 2020.

Tak ada Peristiwa yang kebetulan, semua dalam hidayah lindungan Sang Pencipta.

Malang Raya, Skalainfo.net| Perjumpaan Pak Warno Kepala Litbang PT. Skala Media Utama Jawa Timur, Pak Tondo Budi Pimpinan Yayasan Ken Dedes 7, Pak Guntur Bisowarno, S.Si., Apt Ketua ASJI (Apoteker Saintifikasi Jamu Indonesia), Pak Gemparing Bayu, S.Si., Apt Ketua IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) Kabupaten Gresik, Bu Sri Hermiyati, S.Si., Apt Kasie Farmasi Makanan dan Minuman Kabupaten Gresik dengan Bunda R Ayu Tussy Puspo Notonegoro, di Pendopo Taman Kasurangganan Singosari Sumberawan, Malang Raya. Sepanjang awal bulan Suro Kamardhikan di Bulan Agustus telah membuka ruang kerjasama di Bidang Aplikasi Implementasi Teknologi dan Seni Budaya Hidup Kehidupan, dari Hulu Hilir hingga Hilir Hulu dari Tradisi & Pengembangan Jamu Sejati Sedzati, Singosari Malang Raya, 31 Agustus 2020.

Teknologi Sejati Sedzati dan Desa Sejati Sedzati, terlebih dalam tahapan serta perencanaan Prof. Juajir Kertanegara, suami Bunda Tussy, yang sedang memproses pembentukan Institut Politeknik Desa, mengembangkan Pembangunan, Pengembangan Kepariwisataan Desa dalam Yayasan Pembangunan Pariwisata Indonesia di Tahun 2020 ini.

Di Kota Singosari, Batu Malang Raya, Lawang, Gunung Wilis, Gunung Bromo Semeru Arjuno, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Gresik Jawa Timur, Pertemuan Bahan Baku Pertanian Organik dan Permintaan Pasar Bahan Baku Herbal berbasis Teknologi Pengeringan yang handal dan terpatenkan serta ter-standarkan. Bersama CV. Rumah Toga Lestari Banten Tangerang adalah bukti perkembangan dan pengembangan kerja, kinerja ASJI Apoteker Saintifikasi Jamu Indonesia di Era Corona Covid 19 di bulan Maret hingga Bulan Agustus Suro Kamardhikan HUT Negara Republik Indonesia yang ke 75 tahun.

Dasar-dasar Kekuatan Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran Indonesia, sudah di letakkan sangat kuat oleh Dewan Pakar Prof. Rusmin Tumanggor, MA Guntur Bisowarno, S.Si., Apt (ASJI) dan  Pimpinan ASPETRI (Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia) Pengda Propinsi BANTEN di bawah Pak Suprijanto Rumah Toga Lestari sejak 19/11/2020 saat Katalog tersebut dari 2 Kementrian Negara Republik Indonesia melaunchingnya, yaitu Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Berkat Rumah Toga Lestari Pimpinan Pak Suprijanto Kita mengenal proses pengolahan bahan baku tanaman obat dan jamu secara terstandarkan dan mencapai mutu yang sempurna dalam proses mengeringkan yang bertahap mencapai derajat kekeringan serta kehalusan bahan baku tanaman obat, herbal dan kakinya. Tanpa kehilangan satupun kandungan bahan zat-zat berkhasiat beserta zat-zat kelengkapanNya di dalam serbuk super halus super kering, super food tersebut. Kecuali berkurangnya kandungan kadar airnya mendekati nol, dimana besaran air tersebutlah, yang bisa menjadi sumber penyebab ketidak stabilan bahan baku tanaman obat. Herbal dan jamu dalam kurun waktu yang lebih lama di pasar dan perjalanan; atawa dan mampu menjadi sumber penyebab kelembaban bahan baku tersebut, yang bisa menghidupkan jamur bakteri yang tidak berkesesuaian dengan efektivitas dan rasa tanaman obat, herbal dan jamu yang Kita butuhkan manfaat kegunaan asliNya adaNya wadahNya.

Perjumpaan Prof. Juajir Kertanegara berdua dengan Bunda Tussy dengan Pak Guntur Bisowarno, S.Si., Apt Ketua ASJI (Apoteker Saintifikasi Jamu indonesia), yang didukung oleh Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Gresik, Pak Gemparing Bayu, S.Si., Apt dan Bu Sri Hermiyati, S.Si., Apt Kasie Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik sejak Tahun 2017 hingga saat ini.

Di lengkapi dengan Pertemuan Pak Tondo Budi Ketua Yayasan Ken Dedes 7 yang bisnis usaha profesi pekerjaan nya di bidang Rancang Bangun Alat Teknologi Pengolahan dan Pengeringan Bahan Baku Segar Mentah menjadi Bahan Baku Tanaman Obat. Herbal dan Jamu Kering Bermutu Standar di Kota Singosari, yang sepenuhnya mendapat dukungan dari Kepala Litbang PT. Skala Media Utama Pak Warno di Jawa Timur. Sebagaimana terbukti terjadi saat mereka mempunyai visi dan aplikasi teknologi pengolahan dan pengembangan tanaman obat, herbal dan Jamu Jamuan Perjamuan Agung Indonesia Lahir Baru Jagad Renovasi Total & Re~creation Total 2020 di Bengkel Jalan Empu Purwo.

Attensi yang besar dari Prof. Juajir Kertanegara atas potensi pasar dan manfaat sumber bahan baku alam. Tanaman obat, herbal dan jamu di Negara Republik Indonesia terejawantah dalam pertemuan bersama Bunda Tussy selaku Pimpinan Yayasan Kota Legenda Keraton Nusantara Sumberawan Singosari Malang Raya. Yang sudah pengalaman puluhan tahun di bisnis Spa dan layanan kebugaran, khususnya wanita, dan belakangan terkait Pelatihan dan Perawatan Kepribadian Karakter Wanita Perempuan Utama Indonesia di Jagad Renovasi Total dan Re~creation Total 2020 di Pendopo Taman Kasurangganan Sumberawan Singosari Malang Raya.

Pak Gede Oke Direktur Eksekutif PT. Sabda Cahaya Abadi Kota Surabaya menyatakan, “Tumbuhan atau Hutan sangat mulia sekali, sebab mereka sudah melayani mahluk hidup, dia rela daun, buah, batang, akar, bunga di nikmati oleh mahluk lainnya, air hujan dia simpan untuk di keluarkan sebagai mata air, sangat dibutuhkan pada saat kemarau air ini merupakan air sumber kehidupan semua mahluk dan manusia;  yang sangatlah banyak memanfaatkan air ini, namun manusia tidak sadar akan hal ini. Hutan ditebangi/gundul, mata air kering, sungai kering saat kemarau, dan banjir-banjir dimana-mana saat hujan. Saat bencana, manusia berdoa, saat menikmati alam, manusia lupa dan cenderung merusak alam. saat bencana yang disalahkan Pencipta Nya, mengganggap banjir, kekeringan sebuah bencana dari Tuhan….saatnya kebangkitan Desa Sejati SedzatiNya Desa,” kata pak Ged Oke.

Untuk mendukung dan menjawab tantangan alam jaman tersebut, ASJI bersama Pak Latifu Pimpinan Yayasan Jambawana Nangkajajar Pasuruan Jawa Timur, Khususnya di Desa Blarang, Kita menemukan panggilan kuwat dan aplikasi komitmen anak-anak mudanya. Seperti di bawah ini bunyinya…

“Eka prastya panca karsa janji tunggal melaksanakan lima kehendak. Kami Paguyupan Karang Taruna Desa Mblarang sanggup mematuhi norma yang berlaku dan melindungi ekosistem alam;  jika ada kerusakan. Sebagai hukum pidana yang berlaku apa bila ada kesalahan kami bersedia bertanggung jawab sepenuhnya”;

Perihal menjadi pokok bahasan yang tertera kami menjadikan hutan lindung ini sebagai sumber daya dari masa kemasa untuk kepentingan multipihak dan kebutuhan kita bersama; Sesuai dengan perjanjian yang di limpahkan pada kami atas persetujuan kita bersama apapun yang terjadi akan kami hadapi;

Berbagai kebijakan dari Pemerintah mengenahi Undang-undang perpajakan sudah kami amati dan Kami setujui sesuai dengan peraturan di terapkan; jika ada kesalah fahaman sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai mana mestinya dari H.P.K. akan Kami terima.

Respon Enerjologi Pak Gede Oke Direktur Eksekutif PT. Sabda Cahaya Abadi Surabaya dari Komitmen Para Pemuda Desa Sejati SedzatiNya Desa tersebut adalah, “sungguh mulia sekali pak, semoga semua generasi mulai memahami dan menjadi tugas utama menjaga hutang dan lingkungan. Sebagai sumber kehidupan, air dan sumber mata air merupakan harta berharga bagi mutu kehidupan, kira-kira 73% badan kita adalah cairan/air, 14% tanah/tulang/daging/otot, 6% panas/api, 4%udara, 3% ruang hampa/ether”.

Jadi Air yang menopang badan kita, mari Kita bersama-sama menjaga dan manfaatkan air di alam ini untuk kelangsungan makhluk hidup. Dukungan yang secara akademik dan dalam seluruh perjalanan ilmu pengetahuan, pengetahuan ilmu dari kepakaran Prof. Rusmini Tumanggor, MA dalam Keilmuan Antropologi Kesehatan dan Agama. Agama di Nusantara Indonesia sangat Kita butuhkan dalam persembahan keanekaragaman kearifan lokal dan etnosains kawasan wilayah bioregion se- Negara Republik Indonesia di bidang Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia ASPETRI.

Sudah Kita dapatkan dari Kesepakatan Kerjasama Sekolah Swasta Rumah Toga Lestari dengan Beliau dalam Pimpinan Pak Suprijanto dan Kurikulum Pelatihan serta Pendidikan Jamu Jamuan Perjamuan Agung sejak Jaman Kamardikan 17/8/2020 hingga Jaman Jagad Renovasi Total dan Re~Creation Total 2020. Yang sudah di riset kan tahapan-tahapan tumbuh kembangnya ilmu kualitatif Partisipatory Active Research (baca : PAR Penelitian Partisipasi Aktif Terlibat Langsung di lapangan bidang riset red.) oleh ASJI pimpinan Guntur Bisowarno, S.Si., Apt bersama Jajaran Pimpinan Jamu Nusantara, sejak 2017 hingga saat ini, yang terus menerus mengembangkan Esensi Substansi SejatiNya Jamu SedzatiNya Jamu, Jamu SejatiNya Jamu SedzatiNya. (Red/Cholil).

Penulis : Ki Warno, dan Mbah Openi Bukan Opini.