TEMPAT WISATA BARU DI BANYUMAS JAWA TENGAH

Banyumas, Skalainfo.net| Wisata Alam merupakan destinasi yang perlu diperhatikan di Indonesia. Karena Negeri yang subur ini pun memiliki bermacam-macam destinasi wisata alam yang sangat banyak dan sangat menarik sekali. Dengan pemanfaatan dan pemeliharaan yang baik maka hal ini akan menjadi sumbangan devisa dari sektor pariwisata, Petahunan, 29/8/2020 Banyumas, Jawa Tengah.

Di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas telah dibuka wisata alam baru dengan panorama Air terjun yang berlapis 7 sehingga kebanyakan masyarakat menyebutnya Curug 7. Dalam bahasa Jawa Curug berarti air terjun. Hal ini menandakan bahwa Curug 7 adalah air terjun yang berlapis 7 lapisan. Dimana setiap lapisan itu memiliki aliran air terjun dengan tingkatan yang berbeda-beda.

“Awalnya wisata ini hanya dikunjungi oleh masyarakat sekitar saja, karena akses menuju area lokasi Curug 7 sangat terjal dan sangat berbahaya”.

Namun setelah mendapat bantuan dari Pemda setempat, maka dibuatlah jalur menuju Curug 7 dengan cor semen sepanjang kurang lebih 3 Km, dari jalan utama Petahunan Ajibarang. Dan dikerjakan serta pengawasan sepenuhnya oleh anggota TNI dan Masyarakat sekitar. Pekerjaan ini tidak membutuhkan waktu yang lama, karena mereka bekerja secara terus menerus dibagi dalam beberapa shift.

Sehingga jalur utama menuju Curug 7 pun sudah terhubung namun belum 100% karena masih ada marka jalan dan pembatas jalan yang masih belum selesai sempurna.

Setelah pekerjaan selesai dibangun hingga sampai pada area Curug 7, para wisatawan lokal pun mulai berdatangan untuk dapat menikmati pemandangan air terjun yang cukup exotis ini. Namun karena penerapan marka jalan yang masih kurang, diharapkan kepada pengunjung untuk berhati-hati .Jalan utama menuju Curug 7 ini sangat terjal dan masih licin karena jalan cor, maka diperlukanya kehati-hatian. Karena sebagian jalan berdekatan dengan jurang yang cukup curam.

Menurut penuturan Heri salah satu Pengunjung mengatakan bahwa “Dengan dibukanya wisata Curug 7 ini dapat memberi manfaat kepada warga, dan dapat memberi hiburan tersendiri kepada masayarakat sekitar serta dapat membantu perekonomian“, katanya. Pengunjung yang juga seorang youtuber dengan nama Channelnya “Sniper Pongah“ ini lantas membandingkan dengan tempat wisata Baturaden Purwokerto dan Wisata Sokarwera Ciolongok yang telah banyak memberi manfaat kepada warga sekitar.

Harapanya adalah wisata Curug 7 Petahunan yang cukup indah ini agar benar-benar dikelola dengan baik karena ini merupakan kearifan lokal yang perlu dijaga dan dipelihara Pungkasnya.

N/b.

Bagi wisatawan yang penasaran untuk berkunjung ke Curug 7 ini dapat mengakses jalur Ajibarang Bumiayu, Tegal. Karena Wisata Alam ini terletak di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. (Red/SiswoHardono).

By admin

-+=