• December 2, 2020
 Gerakan Sosial Dampak Corona Covid 19, Bersama Bangun Lumbung Pangan Warga Setu 04

Tangsel, Skalainfo| Karang Taruna RW. 04 Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan membentuk ladang amal berupa penggalangan donasi sembako yang akan dibagikan kepada warga yang terkena dampak corona covid 19, di Kampung Setu RW. 04. Yang disebut Bersama Bangun Lumbung Pangan RW. 04, ini dilakukan oleh pemuda-pemudi RW. 04 bertujuan untuk mensosialkan para kaum urban yang berada diwilayah RW. 04 tersebut, bila mana ada subsidi Pemerintah Daerah yang menyantuni warga dampak covid 19 yang tidak ter-akomodir dengan merata sehingga kaum urban tidak terjangkau, maka pemuda-pemudi Karang Tartuna 04, tersentuh untuk bergerak dan ada beberapa Organisasi yang terhimpun dalam binaan Karang Taruna 04, pun turun dalam penggalangan bantuan sosial dampak corona covid 19, yang berada di Kampung Setu RT. 015/RW. 04, Selasa, 21 April 2020.

“Dalam wilayah RW. 04 ini tergabung dari (4) RT, masing-masing wilayah dengan hal yang sama ada juga melakukan penggalangan donasi untuk dampak covid 19, dan kemudian menggabungkan ke Lumbung Pangan Warga 04, yang menjadi central kumpulnya Donasi”.

Ketika ditemui awak media skalainfo.net Enzo mengatakan, ada banyak pendatang yang tinggal di daerah kami ini, selain pekerja pabrik ada juga sebagai pedagang keliling, dan juga karayawan sawasta, mereka tersebut saat ini dengan adanya pandemic corona covid 19, mereka hanya berdiam diri dirumah tidak bisa berdagang dan yang kerja swasta juga banyak yang dirumahkan sehingga karena kelamaan tidak usaha lagi bahan kebutuhan pun sudah berkurang dan mau keluar kemana-mana pun sudah ada peraturan lock douwn, Ucap Enzo.

Kami disini tergabung dalam lembaga Karang Taruna RW. 04, dan dibantu oleh forum lembaga organisasi lainnya mengetuk hati para dermawan supaya dapat menyumbangkan atau donasinya dalam bentuk apapun, untuk saudara-saudara kita lainnya yang memang sama-sama kita terkena dan rasakan dampak corona covid 19, yang mewabah Negeri Indonesia kita tercinta ini, Ungkap Enzo.

Masih dikatakan Enzo, nantinya untuk pembagian sembako atau yang lain-lainnya ini, bukan hanya untuk kaum urban saja, namun semua warga yang di RW. 04, patut dan layak untuk menerima bantuan dampak covid 19, ya kami akan salurkan, Tambahnya.

Dalam kesempatan itu Ketua Karang Taruna RW. 04, Aquari Sandi mengatakan, kami bekerjasama dengan beberapa organisasi dan elemen masyarakat dalam menanggulangi dampak corona covid 19, pada dasarnya kami membantu program dari Pemerintah juga yang mungkin ada tidak ter-akomodir keseluruhan warga, kami lah yang turun langsung menyampaikan atau membagikan bantuan tersebut, Ucap Sandi.

Sampai ke ujung-ujung kampung di wilayah RW. 04, kami mendata warga yang masih berada dirumah, lock douwn stay at home, dibantu bersama rekanan Forum/LSM lainnya menjaga dan melayani warga sesuai anjuran Pemerintah serta diusahakan kalau akan keluar rumah untuk selalu memakai masker, Ucap Sandi.

Setiap harinya kami selalu melakukan kegiatan untuk warga 04, yaitu penyemprotan disvektan di rumah-rumah dan ruang terbuka juga pembagian masker kepada warga-warga yang belum memiliki masker agar suasana wilayah warga kami khususnya warga 04, terjaga aman, damai, tidak mudah terprofokasi hal-hal negatif datang dari luar, Tambah Sandi.

Masih dikatakannya, posko penggalangan donasi lumbung warga 04 ini, sengaja kami tempatkan di Gedung Paud Al, Bi’ru karena ruang kumpul juga luas dan mudah dicari, bilamana ada dermawan yang mau menyumbangkan rezekinya untuk ladang amalnya ya tinggal klik gedung paud bi’ru di google pasti datanya akan muncul, Ucap Sandy sembari gurau santai dengan awak media skalainfo.

Dalam pantauan media skalainfo.net bahwa oraganisasi yang tergabung donasi lumbung pangan warga 04, cukup banyak kurang lebih 20 Organisasi, salah satu dari organisasi itu adalah Sekber Jaletreng, Laskar Ranting Setu, PP. Ranting Setu, Forkabi Ranting Setu dan lain-lainnya, dengan berjibaku saling membantu satu dengan yang lainnya. Dalam binaan Karang Taruna Kampung Setu RW. 04, semua Forum/LSM berkerja-sama dengan baik, bergandengan hidup sejahtera. Sebelum awak media meninggalkan lokasi Lumbung Pangan Warga 04, Gedung Paud Al, Bi’ru, Ketua Karag Taruna Aquari SandI mengajak foto bersama didampingi pengamat SDM/Budayawan Ade Gunawan dengan sorakan motto Karang Taruna MAANNNTAAAP…. (Red/Wernas).