Wakil Bupati Labuhanbatu Bersama BI. Cabang Pematangsiantar Membahas Pembayaran Sistim Degital

Wakil Bupati Labuhanbatu Bersama BI. Cabang Pematangsiantar Membahas Pembayaran Sistim Degital


Rantauprapat, Skalainfo.net| Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM bersama Bank Indonesia cabang Pematangsiantar, membahas Pembayaran Sistem Digital, pada acara pembukaan Diseminasi Penelitian Akseptasi QR Code Indonesia Standard (QRIS) Labuhanbatu Raya, di Ballroom Suzuya Hotel Rantauprapat, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhabatu Sumatera Utara, Selasa, 23/05/2022.

QRIS adalah cara pembayaran menggunakan sistem digital yang dinilai sangat mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran secara non tunai.

Sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia untuk informasi digital di Indonesia, Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk berkontribusi dalam percepatan dan perluasan digitalisasi diantaranya dengan mengembangkan pembayaran digital, selanjutnya dalam rangka memperluas akseptasi masyarakat terhadap pembayaran digital maka diperlukan strategi perluasan yang tepat dan terarah.

Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, pada pidatonya menyampaikan, sebagaimana arahan presiden Jokowi pada rapat terbatas mengenai perencanaan transformasi digital pada senin 3 Agustus 2020 yang lalu, pada poin kelima berkaitan dengan skema skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital segera disiapkan secepat-cepatnya yang berkaitan dengan regulasi.

“Kami sangat mendukung kegiatan penelitian yang dilaksanakan Bank Indonesia bekerjasama dengan universitas Labuhanbatu dalam rangka mengkaji penerimaan masyarakat terhadap sistem pembayaran tanpa uang tunai,” ucap Wabup.

Dengan adanya kebijakan non tunai, Wabup berharap, dapat memberikan dampak yang positif bagi perekonomian Kabupaten Labuhanbatu. Namun, hal itu harus disosialisasikan secara simultan baik pada aparatur Pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.

“kita berharap Bank Indonesia sebagai lembaga yang menggagas sistem pembayaran Indonesia 2025 dapat memberikan arah yang jelas guna memperoleh manfaat digitalisasi dalam sistem keuangan” Harap Wabup.

Di Kesempatan tersebut, Kepala perwakilan Bank Indonesia Cabang Pematangsiantar Teuku Munandar mengatakan, Kehadiran QRIS pada dasarnya untuk membuat transaksi dengan istilahnya cemumut ah (cepat mudah, murah, aman handal). Dengan QRIS, cukup membawa HP sudah bisa transaksi di mana saja.

Turut diundang di acara itu, Pimpinan Perbankan Kabupaten Labuhanbatu, Perwakilan Kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu Raya, tim peneliti Universitas Labuhanbatu dan petinggi Bank Indonesia cabang Pematangsiantar tersebut diisi dengan penyampaian hasil penelitian diseminasi oleh UIKSPPUR- KPW cabang Pematangsiantar Azhar, dan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab oleh Tim Peneliti Universitas. (Red/B.Munthe).


Daerah Fokus Politik Terkini