WhatsApp Image 2022 04 08 at 09.57.58

Balikpapan, Skalainfo.net| Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, menyambut kepulangan prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam, Brigif-24/Bulungan Cakti yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai Satgas Satuan Organik Papua di wilayah Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Upacara penyambutan berlangsung di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat, (8/4/2022). Kedatangan 450 prajurit Satgas Yonif Raider 613/Raja Alam dipimpin langsung oleh Letkol Inf Priyo Handoyo, S.Sos, M.Si. selaku Dansatgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 613/Raja Alam, berlabuh di Pelabuhan Semayang Balikpapan dengan menggunakan KRI Banjarmasin-592.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya diberikan kepada seluruh prajurit Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 613/Raja Alam atas keberhasilan menyelesaikan tugas operasi di wilayah Kab. Puncak Jaya, Papua sejak 14 April 2021 lalu.

Selama kurang lebih 1 tahun, satuan ini melaksanakan tugas sebagai Satgas Satuan Organik Papua di wilayah Kab. Puncak Jaya, Papua dan telah melaksanakan tugas dengan baik, dimana Satgas ini telah berhasil melaksanakan tugas pembantuan kepada Pemda dalam upaya menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Kab. Puncak Jaya, Papua dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Menciptakan situasi aman kepada masyarakat Puncak Jaya sehingga pembangunan pemerintahan dapat berjalan dengan baik dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya masyarakat Puncak Jaya, serta menciptakan situasi aman dan kondusif dari gangguan keamanan oleh oknum Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) yang ingin mengganggu jalannya pembangunan dan kehidupan masyarakat.

“Keberhasilan ini tentu saja memberikan rasa bangga yang tinggi tidak saja bagi Yonif Raider 613/Raja Alam, tetapi juga Kodam VI/Mulawarman dan masyarakat Kalimantan,” ungkap Pangdam VI/Mulawarman.

Lebih lanjut Pangdam VI/Mulawarman mengatakan, setelah tugas operasi berakhir tidak berarti selesai sudah tugas-tugas yang harus diemban. Namun, masih banyak tugas-tugas ke depan yang akan dilaksanakan oleh satuan Yonif Raider 613/Raja Alam, seperti menjaga pertahanan negara untuk kepentingan pembangunan Nasional. “Sebagai satuan tempur kesiapsiagaan harus terus terjaga dan terbina setiap saat. Sehingga, saat komando membutuhkan baik personel maupun materil semua harus dalam kondisi baik dan siap digunakan dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

“Tetap jaga nama baik satuan, jauhi perbuatan yang dapat mencoreng nama baik satuan, tunjukan bahwa prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam bisa menjadi contoh yang baik sebagai prajurit TNI di mata masyarakat, dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga kalian dirumah,” ujar Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso kepada seluruh prajurit Satgas Yonif Raider 613/Raja Alam.

Upacara penyambutan tersebut berjalan dengan khidmat, serta diakhiri dengan ucapan selamat kepada Dansatgas, Wadansatgas dan seluruh Perwira Staf, Danki, Danton serta seluruh Prajurit Satgas Satuan Organik Papua oleh Pangdam VI/Mulawarman beserta tamu undangan. (Red/Bdn).

Autentikasi : Pen Yonif Raider 613/Raja Alam.

By Admin

-+=