Buton Tengah, Skalainfo.net| Tim Studi Kelayakan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri), Brigjen Pol Budi Yuwono selaku Tim Kelayakan Pembentukan Polres Buton Tengah, kunjungi langsung lokasi lahan persiapan Polres Buton Tengah yang berada diKecamatan Gu, Kelurahan Bombanawulu, Kamis, (23/9/2021).

Dalam kunjungannya, Tim Kelayakan Mabes Polri ini telah memastikan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah dari seluruh persyaratan dan lahan untuk pembangunan telah disiapkan dan dipenuhi. Sehingga pembentukan Polres Buton Tengah akan segera terwujud dan menjadi prioritas untuk dibentuk.

Budi Yuwono, menyampaikan Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdiri dari 17 Kabupaten/Kota, baru 12 daerah yang telah memiliki Polres tersendiri sedangkan lima daerah lainya sementara mengusulkan.

“Dari lima daerah yang telah mengusulkan di Mabes Polri untuk pembentukan Polres, ada dua daerah yang akan diprioritaskan yaitu Polres Buton Tengah dan Polres Kolaka Timur,” katanya Brigjen Pol Budi Yuwono.

Kata dia, pembentukan Polres Buton Tengah ini dapat diprioritaskan bukan tanpa alasan, hal dinilai atas upaya dari Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah yang telah memenuhi unsur persyaratan untuk pembentukan Polres itu sendiri. Bahkan masyarakat Buton Tengah sangat mendukung dengan memberikan lahan hibah seluas 10 hektar guna pembangunan Polres.

“Upaya yang dilakukan Pemda dan dukungan masyarakat untuk pembentukan Polres Buton Tengah sangat antusias. Saya mewakili bapak kapolri mengucapkan terimakasih kepada pemda dan masyarakat Buton Tengah yang sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan polres,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, H.Kostantinus Bukide, mewakili Bupati Buton Tengah, H.Samahuddin, mengatakan pembentukan Polres Buton Tengah dari segala aspek kebutuhan penunjang yang dibutuhkan telah dipersiapkan, baik kantor sementara Polres Buton Tengah dan juga telah tersedia rumah jabatan Kapolres dan Wakapolres untuk dipergunakan.

“Jika pembentukan Polres Buton Tengah dapat segera dibentuk, Kami sebagai pemerintah dan masyarakat Buton Tengah siap mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Serta tahun 2022 Pemda akan mengalokasihkan Rp 5 Milyar untuk mempercepat proses pembentukan Polres Buton Tengah,” ucap H.Kostatinus Bukide dihadapan Tim Studi Kelayakan Mabes Polri.

“Moga dengan terwujudnya Polres ini nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Buton Tengah khususnya dari sisi pelayanan, keamanan, dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya. (Red/Ahmad Subarjo).

By Admin

-+=