• June 19, 2021

Seorang Warga di Mubar Tertipu Karyawan PLN Gadungan, Begini Kronologisnya

 Seorang Warga di Mubar Tertipu Karyawan PLN Gadungan, Begini Kronologisnya

MUBAR, skalainfo.net | Warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat (Mubar), tertipu oleh oknum yang mengaku sebagai karyawan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kejadian tersebut terjadi pada sabtu siang 17 April 2021.

Anen (47), menjelaskan kronologis kejadian tersebut. Kata dia, menjelang siang dirinya didatangi dua orang menggunakan motor metik di rumahnya dan mengaku sebagai karyawan PLN.

Lalu sekitar pukul 11 siang oknum yang mengaku sebagai karyawan PLN tersebut menawarkan program listrik bersubsidi dengan biaya Rp. 120.000“, terang Anen saat dijumpai, Selasa (20/4/2021).

Sempat curiga dan tidak berniat membayar sebanyak Rp 120.000 kepada kedua oknum tersebut, namun istrinya yang terpaksa membayar biaya program listrik bersubsidi abal-abal tersebut.

Saya sempat curiga, karena saya suruh masuk ke dalam rumah mereka menolak dan berdalih hanya memberikan kwitansi penagihan program listrik bersubsidi itu

“Awalnya saya tidak mau membayar tapi akhirnya istri saya yang terpaksa membayar tagihan tersebut”, kata Anen.

Kemudian, lanjut kata dia, salah seorang dari mereka mengutak-atik meteran listrik yang ada dirumah saya dengan alasan mengaktifkan subsidi listrik.

“Sekitar 5 menit kedua oknum tersebut berada di rumah saya kemudian mereka pergi. Setelah menerima uang mereka langsung pergi,” kata anen.

Meyakini ada yang aneh kepada oknum tersebut. Istri saya langsung pergi melaporkan ke tetangga. Namun tetangga saya bilang itu merupakan penipuan”, ungkap Anen.

Menanggapi hal itu, Zulfadin selaku Kepala Unit PLN Cabang Kambara mengatakan PLN tidak punya wewenang memberikan subsidi pada masyarakat.

“Jadi, Itu jelas merupakan penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. karena PLN tidak punya kewenangan untuk memberikan subsidi listrik pada masyarakat. Jadi Pemerintah yang berhak untuk itu”, jelas Zulfadin .

Zulfadin berharap agar masyarakat lebih berhati-hati untuk tidak melayani oknum yang tidak memiliki indentitas yang jelas.

“Kami harap agar masyarakat lebih berhati-hati. Bila ada problem kelistrikan kami himbau agar segera berkomunikasi pada kantor PLN terdekat”, ujarnya. (HASMID/red)