• June 19, 2021

RSUD Pakuhaji menggelar MCU Untuk Pemeriksaan Kesehatan 64 Peserta Cakades

 RSUD Pakuhaji menggelar MCU Untuk Pemeriksaan Kesehatan 64 Peserta Cakades

Tangerang, Skalainfo.net| Hari pertama pelaksanaan medical check-up (MCU) bakal calon Kepala Desa (Cakades) se-Kabupaten Tangerang digelar, salah satunya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pakuhaji yang ditunjuk Pemkab Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD Pakuhaji Dr. Taris Syahrul Alam mengatakan, diberikan tugas memeriksa kesehatan bakal calon kepala desa (Cakades) sebanyak 25 Desa dari tujuh Kecamatan.

“Kita kebetulan diberikan tugas untuk melayani Pilkades ini sebanyak tujuh Kecamatan kita bagi menjadi tiga tahap (tiga hari), Pelaksanaan MCU akan dilaksanakan hingga 31 Maret 2021 mendatang,” terang Taris Syahrul Alam, Senin, 29/3/2021.

Peserta MCU dikatakan Taris Syahrul Alam, dari dua Kecamatan yakni, Kecamatan Rajeg dan Mauk sebanyak 64 orang peserta pendaftar.

“Hari pertama ini, Kecamatan Rajeg dan Kecamatan Mauk. Kecamatan Mauk itu ada enam Desa, sedangkan Rajeg delapan Desa,” jelasnya.

Biaya adminitrasi untuk pemeriksaan kesehatan, lanjut Tari, ditanggung sendiri oleh bakal calon kepala Desa. Dengan biaya adminitrasi Rp 1.640.000 yang ditetapkan oleh Pemkab Tangerang.

“Biaya adminitrasi Rp 1.640.000, di RSU lainnya juga sama karena sudah ditetapkan oleh Pemkab Tangerang, Biaya itu dibebankan kepada bakal calon kepala desa,” ujar Taris.

Kaitan MCU di RSUD Pakuhaji, Taris mengaku belum bisa memastikan adanya pemeriksaan MCU susulan bagi para Cakades yang berhalangan dari jadwal yang telah ditetapkan. Namun, pihaknya siap kalau ada aturan untuk melakukan MCU susulan.

“Kalau kita kapanpun siap, tinggal nunggu dari Pemdes, misalnya ada yang tertinggal, asal ada rekomendasi dari Pemdes kita siap,” tegasnya.

Sementara Abdilah, Ketua kordinator Keamanan MCU Cakades di Rumah Sakit Umum Daerah Pakuhaji mengatakan, tidak ada hal yang menonjol semua aman terkendali.

“Ya, Alhamdulillah, dari mulai kedatangan peserta MCU pada hari ini dari Kecamatan Mauk dan Rajeg, secara umum kegiatan berjalan lancar aman terkendali, tidak ada permasalahan-permasalahan yang menonjol,” ujarnya.

Adapun tahapan MCU pemeriksaan kesehatan para Cakades meliputi, tes Covid-19, tes fisik, cek darah, Elektrokardiogram, rontgen thorax, tes minnesota multiphasic personality inventory (MMPI) atau tes psikologi tertulis, pungkasnya. (Red/Tommy).