• January 24, 2021

Ratusan Hecktare Kebun Kelapa Sawit Didesa Tanjung Medan, Dipertanyakan Kepemilikannya

 Ratusan Hecktare Kebun Kelapa Sawit Didesa Tanjung Medan, Dipertanyakan Kepemilikannya

Labuhanbatu, Skalainfo.net | Ratusan Hecktare kebun kelapa sawit yang berada di Desa Tanjung Medan Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) dipertanyakan kepemilikannya.

Kalau mengingat ucapan asisten kebun kelapa sawit Awi Suzuki saat ditemui di lokasi perkebunan dimaksud pada Senin (4/1/2021) sekitar pukul 11:46 wib. “Kebun ini milik pak Awi Suzuki, luas lahan kelapa sawitnya saja kurang lebih 300 Hecktare gitu la, lain kebun karetnya lagi.

Kalau soal penerimaan karyawan sepertinya tidak ada lagi pak karena karyawannya untuk manen sudah cukup. Tapi, kalau karyawan untuk deres kayaknya masih dibutuhkan atau kurang. Biar jelas, ada atau tidak penerimaan, sebaiknya Bapak jumpai aja asistennya Razwan,” Sebut beberapa karyawan sembari menunjuk jalan arah kekantor asisten Razwan.

Sementara itu, Razwan asisten perkebunan kelapa sawit dimaksud juga membenarkan perkebunan itu dimiliki Awi. “Benar pak, kebun ini milik pak Awi Suzuki, pak Awi jarang kemari. ya, kalau saya kepercayaan nya Awi,” ucapnya pada Senin (4/1/2021) sekira pukul 12:15 wib.

Awi Suzuki yang disebut-sebut pemilik perkebunan sebagaimana yang disampaikan oleh karyawan dan asistennya yang bekerja dikebun itu membenarkan bahwa perkebunan kelapa sawit itu miliknya. “Benar, perkebunan itu milik saya. Luasnya 60 hectare, ada 3 (tiga) tempat beda-beda. Izin Usaha Perkebunannya ada” Aku nya pada Senin (11/1/2021) sekitar pukul 14:36 wib ketika dikonfirmasi melalui telpon dengan nomor 0811622XXX.

Sedangkan, Julham Rambe kepala Desa, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu lewat surat keterangan nomor: 470/011/Sekr/2021 menerangkan sesuai dengan Daftar Himpunan Keterangan dan Pembayaran (DHKP) Pajak Bumi dan Bangunan Desa Tanjung Medan, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu Objek Pajak, nama Wajib Pajak dan Pajak Terhitung hanya 8 (delapan) orang, tetapi lahan kedelapan wajib pajak itu merupakan milik Suyanto alias Awi Suzuki.

“SKPT PBB kedelapan wajib pajak itu, pajaknya dibayarkan Suyanto. Sepengetahuan saya sebagai kepala Desa, Suyanto alias Awi Suzuki memiliki lahan perkebunan kelapa sawit 60 Hecktare lebih. Kalau dihitung pajaknya tidak lebih dari 1 (satu) juta dan perkebunan kelapa sawit itu berada disilayang-layang dusun Sigabu, Desa Tanjung Medan” ujarnya, (Damanik/red),