• January 23, 2021

Lapas Pemuda Tangerang Gelar Acara Makan Siang Sekaligus Berikan Remisi 92 Warga Binaan Pemasyarakatan

 Lapas Pemuda Tangerang Gelar Acara Makan Siang Sekaligus Berikan Remisi 92 Warga Binaan Pemasyarakatan

Tangerang, skalainfo.net | Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menggelar acara Makan Siang Natal (MSN) untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Nasrani secara virtual. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Natal. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan di Gereja Maranatha Lapas Pemuda Tangerang, Jumat (25/12).

Selain itu, turut dilakukan penyerahan Remisi Khusus (RK) Natal tahun 2020 kepada para WBP yang beragama Nasrani. Turut hadir dalam penyerahan SK Remisi Acara ini, Plt. Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Achmat Muchlisin beserta seluruh jajaran petugas pemasyarakatan di Lapas Pemuda Tangerang. Dalam sambutannya, Achmat Muchlisin menyebutkan bahwa meskipun sedang berada di dalam Lapas atau Rutan, diharapkan seluruh WBP bisa terus menyebarkan cinta kasih sebagai sahabat bagi semua orang agar tetap teguh kepada prinsip baik tersebut. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa hal tersebut diapresiasi oleh negara dengan memberikan Remisi atau pengurangan masa pidana kepada WBP yang merayakan Hari Besar Keagamaannya.

“Kami berharap seluruh WBP bisa terus menjadi sahabat bagi semua orang, terlepas apapun agamanya. Karena apapun situasinya, apapun responsnya, uluran tangan perdamaian dan persahabatan adalah solusi dari semua situasi kita,” ujar Achmat Muchlisin.

Acara MSN diawali dengan prosesi perarakan kanak-kanak Yesus yang dilanjutkan dengan penyalaan lilin Natal diiringi lagu Malam Kudus. Kegiatan berjalan dengan khidmat dan diikuti oleh seluruh WBP yang beragama Nasrani. Acara kemudian dilanjutkan dengan Misa Natal secara virtual yang dipimpin oleh Pastor Andang Binawan, SJ.

Satu WBP Langsung Bebas Setelah Menerima RK Natal 2020

Sebanyak 92 WBP yang beragama Nasrani mendapat Remisi Khusus Natal. Remisi ini diberikan kepada seluruh WBP yang memenuhi syarat mendapatkan remisi, namun masih harus menjalani sisa pidana. Selain itu, dari 92 orang yang menerima RK Natal 2020 ada 1 orang WBP yang langsung bebas. WBP an. Yohanes Ad. Djap Kwet Sen langsung menghirup udara luar setelah langsung pulang. Dia langsung mengucap syukur setelah menjalani masa pidana. “Puji Tuhan saya bisa berkumpul lagi bersama keluarga setelah menjadi Narapidana selama kurang lebih 1 tahun,” ucapnya.

Achmat Muchlisin menyebutkan bahwa Remisi merupakan hak para WBP. Sehingga asalkan memenuhi syarat substantif dan administratif, para WBP pasti akan mendapatkan Remisi, tanpa pungli atau embel-embel lainnya. “Pemberian remisi yang dilakukan setiap hari besar keagamaan juga diharapkan bisa menjadi harapan baru bagi WBP untuk terus berupaya memperbaiki diri, karena semakin cepat mereka mengubah perilakunya menjadi baik maka dapat lebih cepat pula mereka berintegrasi kembali dengan masyarakat,” tambahnya.(MJ/red),