• January 18, 2021

Nursanti Monianse, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Baubau Komitmen Kedepankan Nilai-nilai PO-5

 Nursanti Monianse, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Baubau Komitmen Kedepankan Nilai-nilai PO-5

Baubau-Sultra, Skalainfo.net| Dalam upaya menjaga nilai-nilai luhur budaya, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Baubau berkomitmen untuk mengedepankan nilai-nilai yang terkandung dalam PO-5. Komitmen ini disampaikan langsung oleh ketua GOW Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, S.Pd. pada acara pengukuhan pengurus GOW Kota Baubau masa bakti 2019 – 2024 di gedung Maedani Stadion Betoambari Jumat, 11-12-2020.

“Pengurus GOW Kota Baubau tersebut dikukuhkan langsung oleh Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH yang didampingi oleh Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse”.

Melalui sambutannya Wa Ode Nursanti menegaskan, perempuan tak sekedar menikmati hasil pembangunan, tapi juga berperan aktif dalam pembangunan itu sendiri. Selain itu, GOW kota Baubau dalam pergerakannya mencoba untuk tidak sekedar perkumpulan perempuan yang diikat dalam aturan organisasi saja.

“Namun berkomitmen untuk lebih mengedepankan nilai-nilai implementasi budaya kita sendiri yang termaktub dalam PO-5. Yaitu bentuk kearifan lokal falsafah Buton yang terdiri atas Pomaamaasiaka, Pomaemaeaka, Popiapiara, Poangka angkataka, dan Pobinci binciki kuli,” ujarnya.

Ditambahkan, PO-5 adalah nilai kearifan lokal yang bisa diterapkan dalam melakukan berbagai sendi-sendi kehidupan hingga tujuan organisasi dapat tercapai. Untuk itu ia mengajak semua perempuan pada umumnya dan pengurus GOW Baubau pada khususnya untuk menjadi garda terdepan pendidikan, kesehatan, dan perisai keluarga dalam lingkup kecil, Bangsa dan Negara dalam skala besar.

Wa Ode Nursanti Monianse juga  menjelaskan, GOW sebagai lembaga yang mengemban visi terwujudnya profesionalisme wanita yang mandiri, memiliki kekuatan moral dan sosial guna mendukung kesetaraan gender melalui program Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Iman dan Taqwa yang berorientasi global untuk menuju masyarakat adil dan makmur.

Untuk itu, Ketua GOW yang juga istri Wakil Walikota Baubau ini juga komitmen GOW akan terus berbenah diri agar bisa memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan yang berkelanjutan. Pasalnya, seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi dunia saat ini, perempuan sangat berperan dan berkontribusi dalam pembangunan.

“Telah banyak perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis di berbagai kehidupan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberikan peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri dan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change),” imbuhnya.

Lebih lanjut Wa Ode Nursanti Minianse mengungkapkan, perempuan masa kini adalah perempuan yang memiliki hak-hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Undang-undang Dasar 1945 menjamin bahwa setiap warga Negara Indonesia termasuk perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis.

“Menjadi perempuan adalah anugerah, tetapi menjadi perempuan inovatif, kreatif dan bermartabat adalah sebuah proses. Mari kita belajar tumbuh dan berkembang bersama. Besar harapan saya agar GOW Kota Baubau bisa berjalan berdampingan dengan pemerintah sebagai mitra dalam berbagai ranah pembangunan,” pungkasnya. (Red/Husna).

Autentikasi : DINAS KOMINFO BAUBAU.