• December 5, 2020
 Sungai Tongguran Meluap Hingga Terjadi Banjir, Personil Polres Simalungun Pastikan Kondisi TKP Kondusif

Simalungun, skalainfo.net | Akibat curah hujan deras di Hulu Sungai Tongguran Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (20/11/2020) sekitar pukul 20.00 Wib, terjadi bencana alam banjir di jembatan Sungai Tongguran Pekan Tanah Jawa, Kelurahan Pematang Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun.

Terpantau sampai saat ini Air di Jembatan Sungai Tongguran Pekan Tanah Jawa meluap sampai di atas jembatan diperkirakan setinggi 30 Cm, sehingga arus lintas yang datang dari arah Pematangsiantar menuju Kecamatan Huta Bayu Raja dan Kecamatan Hatonduhan maupun sebaliknya tidak dapat dilintasi dari jembatan tersebut.

Di TKP Kapolsek Tanah Jawa Kompol Selamat, dikonfirmasi mengatakan akibat dari bencana alam, Banjir tersebut ruas jalan sisi kiri jembatan arah Tanah Jawa ke arah terjadi longsor, sehingga ruas jalan tidak dapat dilalui Kendaraan roda 2 maupun roda  4 dari Jembatan Sungai Tongguran Pekan Tanah Jawa.

“Namun pada pukul 22.30 Wib, arus Air yang meluap diatas jembatan sudah surut dan arus air mengalir dari bawah jembatan,” kata Kompol Selamat.

Untuk Jembatan, Andarasi Nagori Parbalokan yang debit airnya meluap, sambungnya melampaui jembatan sekitar 20 cm perlahan sudah surut dan dapat dilalui kendaraan dari ke dua arah.

“Hingga saat ini korban jiwa maupun korban material belum diketahui,” pungkas Kapolsek Tanah Jawa Kompol Selamat.

Sementara di TKP terlihat sempat turun, Kabag Ops Polres Simalungun, Kompol Suryanto, ST, SH, MH, Kasat Intelkam AKP Restuadi SH, Kanit Intelkam, IPTU Masrianto, Kanit Sabhara/Pawas IPTU Darma Oktaviardi, Personil Polsek Tanah Jawa dan lainnya. (Heston Simbolon/red),