• November 30, 2020
 Pemilik Sawah Menyayangkan Pihak PT Hitachi Melakukan Penggalian Tidak Koordinasi

Bekasi, skalainfo.net | Salah satu warga wangkal RT.02 RW.007, Desa Kali Jaya, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang enggan disebutkan namanya, menyayangi sikap PT.Hitachi yang sedang melakukan proyek penggalian yang diduga untuk pembuangan limbah sepanjang kurang lebih dua kilometer.

Pasalnya galian telah melintasi atas lahan yang sudah lama di garapnya namun tidak ada kata untuk koordinasi atau permisi terlebih dahulu.

“Tahu-tahu barang dan para tukang datang tanpa ada kata permisi, lahan yang sudah ditraktor untuk bersawah dan tinggal beberapa hari lagi akan ditanamkan padi rusak”, keluhnya. Sabtu (7/11/2020).

Dalam wawancaranya oleh awak media ia mengatakan tadi sempat bicara langsung kepada pihak pekerja proyek yang seharusnya bertanya terlebih dahulu, punya siapa dan milik siapa lahan garapan ini. Padahal sebelumnya dari pihak PT.Hitaci sudah foto-foto lahan.

“Namun pihak pegawai proyek mengatakan tidak tahu, lantas kata saya masa tidak tahu, bapak kan orang pintar”, tambahnya.

Mantan RT Desa Kali Jaya, Bolot menjelaskan kepada awak media bahwa memang dari pihak PT.Hitachi sebelumnya tidak ada pemberitahuan terhadap warga setempat yang lahan garapannya terkena proyek galian untuk pembuangan limbah PT.Hitachi.

“Anaknya ngambek wajar, karena boleh bapaknya yang cape rapihin sawah. Coba lihat, tanah hak milik juga terkena dampak urugan”, terangnya.

Mandor Proyek PT.Hitaci, Hendi saat dikonfirmasi awak media mengatakan bahwa dirinya baru datang kemarin malam dan langsung dipanggil kantor untuk melakukan proyek penggalian.

“Saya dapat informasi bahwa dari pihak PT.Hitachi sudah berkoordinasi ke semua (dari Desa sampai dengan RT) melalui pak Takim yang ditugaskan langsung dari kantor”, jelasnya.(MJ/red),