• October 30, 2020

Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Secara Resmi Membuka KIBINA TK. Dasar Ke-20 TA 2020

 Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Secara Resmi Membuka KIBINA TK. Dasar Ke-20 TA 2020

Jakarta, Skalainfo.net| Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigadir Jenderal TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A secara resmi membuka Kursus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA) Tingkat Dasar Ke- 20 Tahun Anggaran 2020 bertempat di Ruang Rapat Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Jl. Jati Nomor 1 Pondok Labu Jakarta Selatan, Rabu, 30/9/2020.

Mengawali sambutannya Kapusdiklat Bahasa mengucapkan “selamat datang kepada perwira negara sahabat yang baru tiba di Jakarta, Indonesia dan selamat bergabung di Pusdiklat Bahasa bersama dengan para siswa yang sudah terlebih dahulu tiba disini,” ucapnya.

Mudah-mudahan para perwira siswa dapat segera menyesuaikan dengan cuaca di Jakarta, yang tentu saja berbeda dari cuaca di negara saudara, tambahnya.

Kapusdiklat Bahasa juga menyampaikan lamanya KIBINA Tingkat Dasar Ke-20 akan berlangsung selama kurang lebih empat bulan atau 792 jam pelajaran @ 45 menit yang dimulai pada hari ini Rabu, 30 September 2020 dan akan berakhir pada tanggal 16 Desember 2020, dengan alokasi peserta 5 orang.

Saat ini telah hadir 2 orang siswa yang berasal dari Madagaskar dan Pakistan dan akan menyusul 3 orang siswa lagi yang berasal dari Australia, India, dan Singapura, ungkapnya.

Adapun tujuan utama dari pendidikan ini adalah untuk membekali perwira militer mancanegara dengan kemampuan dan keterampilan berbahasa Indonesia, pengetahuan Budaya Bangsa Indonesia, dan etika TNI untuk selanjutnya mengikuti Sesko TNI, jelasnya.

Setelah mengikuti kursus diharapkan para perwira siswa dapat memahami kaidah-kaidah bahasa Indonesia tingkat menengah dan mampu menggunakannya, baik lisan maupun tulisan pada saat mengikuti Sesko TNI, harapnya.

Brigjen Yudhy Chandra Jaya, M.A menyampaikan “saya percaya bahwa dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatkan selama mengikuti kursus intensif bahasa Indonesia tingkat dasar yang diselenggarakan di negara masing-masing, para perwira akan dapat mengikuti kursus intensif bahasa Indonesia tingkat dasar ini dengan baik dan lancar”, tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Brigjen Yudhy Chandra Jaya, M.A mengingatkan kepada para siswa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran virus corona dengan cara menjaga jarak aman antar personel, mengenakan masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sesering mungkin, tegasnya.

Upacara pembukaan KIBINA Tingkat Dasar Ke-20 Tahun Anggaran 2020 ini hanya dihadiri oleh para pejabat dan Kabidopsdik Kolonel Caj. Drs. Hasanuddin Salsab, M.Ed, Kabidevkat Kolonel Laut (KH) Puji Santoso, S.Pd. M.A, Kabidrendiklat Drs. Wahyudi, S.E, Kepala Kelompok Bahasa Indonesia Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Nurakhim, MM., MAP, Course Manajer (CM) Kibina 20 Kol. Adm. Drs. Sudiyatno, Widyaiswara Madya Pembina Tk I IV/b Dra. Astri Virgiani, M.M dan Ksb. TU Letkol Caj. Yuline Monaco, M.Ed. serya para Widyaiswara lainnya dan diakhir acara dilaksanakan foto bersama. (Red/RegarS).