• October 26, 2020

KKN-PPM Unisma Kembangkan Usaha Minyak Kayu Putih Warga Desa

 KKN-PPM Unisma Kembangkan Usaha Minyak Kayu Putih Warga Desa

Maluku, Skalainfo.net| Di masa pandemic saat ini unisma malang membuat program KKN-PPM edisi khusus yakni KKN-PPM Edisi covid-19 yang di laksanakan mulai dari tanggal 03 agustus 2020 hingga 03 september 2020 ini merupakan kali pertama unisma mengadakan KKN berbasis virtual online. Tidak seperti KKN sebelumnya, KKN-PPM Edisi covid-19 ini di gelar atau di laksanakan oleh mahasiswa di domisili atau tempat masing masing.

KKN yang di laksanakan di Desa Waeperang kali ini menemukan warga membuat minyak kayu putih, hal ini membuat mahasiswa KKN menemukan ide untuk mengembangkan usaha minyak kayu putih, mengingat Kabupaten Buru Provinsi Maluku adalah penghasil minyak kayu putih terbaik di Indonesia tetapi penjual minyak kayu putih di Daerah ini masih menjual minyak kayu putih secara manual bahkan kemasan minyak kayu putih hanya di ambil dari botol-botol bekas.

Salah satu UKM yang di bantu adalak pak Hanu dan ibu Rubia. “pengolahan hanya seadanya saja kemasanya juga pakai botol-botol bekas,”  kata ibu Rubia. “makanya anak KKN mau membuat mengembangkan usaha ini, dengan membuat packingan yang lebih menarik dan kekinian,” tuturnya.

Semula kemasan minyak kayu putih yang tidak bermerk sekarang telah di beri nama MKP asli Desa Waeperang, agar dapat menambah daya tarik pembeli. Setelah kemasan dan merk yang di kembangkan, mahasiswa KKN juga membuat akun instagram MKP asli Desa Waeperang sehingga penjualannya bisa di lakukan secara online dan pemesanannya meluas hingga jangkauan social media. (Red/Jack).