• October 24, 2020

KKN Unisma Malang Kelompok 68 Door To Door Learning Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

 KKN Unisma Malang Kelompok 68 Door To Door Learning Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

Malang, Skalainfo.net| Ditengah meluasnya wabah covid-19, menghambat segala aktivitas masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang tua. Pendidikan pun sedikit terbengkalai, karena adanya wabah ini. Kurangnya tenaga pendidik yang bisa menjangkau dari rumah ke rumah, membuat pembelajaran secara daring dinilai kurang efektif dan efisien, pasalnya waktu belajar anak menjadi tidak intens.

Keluhan dari orang tua pun banyak bermunculan karena kendala waktu, media yang digunakan sebagai pembelajaran serta instruksi yang pembelajaran yang sulit dipahami. bukan hal yang mudah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, karena harus ada pola komunikasi yang baik agar siswa paham dengan materi yang diberikan. Sehingga muncul inisiatif dari teman-teman KKN Universitas Islam Malang kelompok 68 untuk membantu mengabdikan diri kepada masyarakat dalam membantu para siswa belajar dan menyelesaikan tugas selama sekolah daring.

Kegitan daring yang dilakukan secara door to door ini dilakukan selama sebulan, terhitung dari (03/08/2020) sampai (03/09/2020) dengan metode kelompok belajar siswa, namun tetap pada aturan yang ada dengan menggunakan handsanitizer dan masker. Target pengajaran ini difokuskan kepada siswa TK/RA dan SD/MI dimana setiap minggunya akan ada perubahan lokasi pembelajaran mengikuti jadwal dari sekolah.

Daring yang dilakukan secara door to door ini mendapat antusias yang sangat baik dari adik-adik TK Dharma Wanita. Mereka sangat excited karena bisa bertemu dengan teman baru, dan bisa belajar bersama. Hal serupa juga dirasakan oleh orang tua mereka karena merasa terbantu dengan adanya pembelajaran daring door to door ini.

Tidak hanya siswa TK/RA saja, siswa SD pun juga merasakan hal yang sama. Mereka terbantu dengan keberadaan Mahasiswa KKN ini. Kegiatan yang dilakukan pun sama membantu yakni menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pihak sekolah.

Mahasiswa KKN Universitas Islam Malang Kelompok 68 ini memilih memfokuskan kegiatan daring secara door to door karena merasa bahwa pendidikan membutuhkan perhatian khusus, sejauh ini yang dapat dilihat dilapangan banyak anak-anak lebih fokus bermain dan waktu belajar pun berkurang, sehingga seiring berjalannya waktu mereka akan semakin malas untuk belajar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada output positif yang dihasilkan. (Red/Jack).