• November 1, 2020

Mahasiswa KKN Unisma Sosialisasi Upaya Pencegahan Covid-19 Desa Montok Pamekasan

 Mahasiswa KKN Unisma Sosialisasi Upaya Pencegahan Covid-19 Desa Montok Pamekasan

Pamekasan, Skalainfo.net| Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) memberikan bantuan berupa hand sanitizer di beberapa tempat yakni di wisata Pantai Talang Siring, Kantor Desa Montok, beberapa masjid dan masyarakat sekitar Desa Montok. Selain itu, mahasiswa KKN di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan juga memberikan masker serta mensosialisasi praktik cuci tangan yang benar berdasarkan WHO. Kegiatan ini sebagai bagian dari wujud pengabdian kepada masyarakat, Sabtu, 29/8/2020.

 

“Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19 di tempat-tempat yang ramai. Kegiatan ini dilakukan pada minggu pertama KKN dan merupakan salah satu program kerja yang mendapat respon positif dari masyarakat Desa Montok. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk mengingatkan masyarakat agar selalu hidup sehat dan selalu menjaga kesahatan di masa pandemi ini.” ujar Maudy, anggota kelompok KKN 81 Unisma.

Sekedar diketahui, pelaksanaan KKN Universitas Islam Malang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini mahasiswa dibagi sesuai dengan wilayah Domisili mereka untuk mengabdi kepada masyarakat selama satu bulan, sejak 3 Agustus 2020 lalu.

 

“MAHASISWA UNISMA MENGEDUKASI HIDROPONIK DAN BUDIKDAMBER MENGGUNAKAN BARANG BEKAS”

Budidaya tanaman hidroponik dan budikdamber (budidaya ikan dalam ember) merupakan salah satu solusi pangan masa depan. Budidaya ini bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terutama kebutuhan protein hewani dan sayur mayur.

Mahasiswa KKN Desa Montok ikut berpartisipasi mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan Pemerintah, terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19. Salah satu bentuk partisipasi mahasiswa dijalankan melalui kegiatan edukasi kepada anak-anak SD berupa pelatihan hidroponik dan budikdamber.

”Kegiatan edukasi ini dilakukan pada minggu kedua. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki lahan luas agar tetap memenuhi kebutuhan pangan dan dapat dijadikan peluang usaha baru yang dari segi kualitas dan gizi terjamin.” Terang salah satu anggota KKN kelompok 81, Maudy, Senin (31/08/2020).

Mahasiswa Unisma Malang melaksanakan KKN tematik di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan melakukan sosialisasi dan penerapan tentang budidaya tanaman menggunakan barang bekas berupa botol air mineral, sterofoam dan ember bekas.

Dengan semakin meningkatnya limbah plastik yang dapat mencemari lingkungan, maka mahasiswa KKN berinisiatif untuk memanfaatkan barang bekas tersebut sebagai tempat media hidroponik yang ramah lingkungan. Dengan ini, mahasiswa KKN Unisma mengajak anak-anak SD setempat untuk berkreasi sekreatif mungkin dalam memanfaatkan limbah tersebut.

Menurut Melasanty sebagai salah satu anggota kelompok KKN 81, aktivitas mereka tersebut mendapatkan sambutan yang baik oleh masyarakat sekitar dan partisipasi anak-anak SD yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dalam mempelajari ilmu ini. Karena bagi anak-anak SD kata “hidroponik dan budikdamber” masih asing di telinga mereka. Adapun harapan dari kegiatan ini yaitu memberikan motivasi dan pengetahuan sejak dini kepada anak-anak SD sebagai generasi yang akan datang agar lebih peduli dan peka terhadap lingkungan. (Red/Jack).