• June 14, 2021

Mahasiswa KKN Universitas Islam Malang Melakukan Penanaman Pohon Mangrove Di Pesisir Pantai Cemara Masalembu

 Mahasiswa KKN Universitas Islam Malang Melakukan Penanaman Pohon Mangrove Di Pesisir Pantai Cemara Masalembu

Sumenep, Skalainfo.net| Mahasiswa Universitas Islam Malang melaksanakan kegiatan KKN di Dusun Baru Masalima Masalembu, Sumenep. Dimana daerah ini merupakan Daerah Kepulauan yang daerahnya berada di tengah-tengah laut. Daerah Masalembu ini identik sebagai Daerah dengan potensi karang yang banyak mengalami kerusakan akibat pengambilan batu karang (trumbu karang massive) untuk pondasi bangunan dan keperluan lainnya, serta penggunaan bom dan racun potassium dalam penangkapan ikan dan biota laut lainnya yang mempunyai nilai ekonomis tinggi,  Senin, 10-08-2020.

 

Kerusakan pada ekosistem terumbu karang ini dinilai mempunyai korelasi yang erat dengan laju abrasi (erosi pantai) yang terjadi di pesisir pulau Masalmebu  terutama di pesisir bagian timur dan barat pulau Masalembu. Itulah sasaran Mahasiswa KKN UNISMA dengan mengenalkan pentingnya penanaman pohon mangrove di pesisir pantai.

 

Windasari merupakan salah satu mahasiswa KKN-PPM UNISMA yang mengungkapkan bahwa salah satu cara agar tidak terjadinya abrasi (erosi pantai) yaitu dengan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai. Ide kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui penanaman pohon mangruf di tepi pantai ini terujud berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM Tematik selama kurang lebih satu minggu dari hari pertama setelah mereka ditempatkan di lokasi KKN.

 

Mangruf merupakan sekelompok tumbuhan dari marga Rhizophorz, suku Rhizophoraceae. tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon vivipar.

 

Fungsi tanaman mangruf ini yaitu sebagai pelindung garis pantai dari abrasi atau pengikisan, merendam gelombang besar termasuk tsunami dan menjadi habitat berbagai jenis satwa serta menjadi tempat pembesaran nursery ground dengan berbagai banyak jenis ikan laut . Kegiatan KKN-PPM Tematik dalam bentuk pemberdayaan.

 

Kegiatan KKN-PPM Tematik dalam bentuk penanaman pohon mangrove ini sangat didukung oleh warga setempat dimana kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahap seperti survey lokasi dan permasalahan yang terdapat, sosialisasi dan penyuluhan dalam penanaman pohon mangrove. Kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilakukan di pesisir pantai yang berada di susun baru masalima masalembu tepatnya di bagian pantai cemara.

 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh oleh masyarakat di Dusun baru Masalima Masalembu. Sartoli selaku ketua RT. 002 merasa senang akan kepedulian mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Dusun baru Satroli berharap akan banyak mahasiswa-mahasiswa yang kembali ke kampung halamannya terutama di mahasiswa yang berasal dari Dusun baru akan melakukan perubahan yang positif di kampung halamannya.

“Disini banyak anak-anak muda yang acuh dengan lingkungan sekitar, meraka tidak peduli akan masa depan lingkungannya yang suatu saat bisa berdampak pada dirinya sendiri” ujarnya.

 

Sartoli bertrimakasih kepada Mahasiswa Unisma yang melaksanakan kegiatan KKN. ia Menegaskan “ kegiatannya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar” tutupnya. (Red/Jack).

 

Nama          : Windasari

NPM            : 21701091103

Klompok KKN : 94, PPL : Taufiq Rahman Ilyas, S.AP., M.AP